Oman Blokir Aplikasi Clubhouse, Indonesia Berpotensi Sama

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 16 2378200 oman-blokir-aplikasi-clubhouse-indonesia-berpotensi-sama-Vkz8Hkcgs7.jpg Aplikasi Clubhouse (foto: Okezone)

JAKARTA - Bukan hanya Indonesia yang berpotensi memblokir aplikasi Clubhouse, negara Asia lainnya seperti China dan kini sejumlah negara Timur Tengah seperti Oman juga memblokir aplikasi audio tersebut, lantaran tidak memiliki izin dari pemerintah untuk beroperasi di negara tersebut.

Pemblokiran ini pun dipandang banyak aktivis sebagai cara pemerintah untuk membungkam kebebasan masyarakat dalam mengekspresikan pendapat.

Baca Juga: Belum Terdaftar di Kementerian, Clubhouse Berpotensi Diblokir 

Otoritas Pengaturan Telekomunikasi Oman mengatakan kepada situs berita WAF bahwa aplikasi komunikasi yang beroperasi di Oman harus mendapatkan izin dari mereka.

Melansir dari The Verge, Senin (15/3/2021), Oman memang melarang penggunaan beberapa aplikasi VoIP terenkripsi tanpa lisensi resmi.

Baca Juga: Hapus Segera 9 Aplikasi Ini Demi Keamanan Rekening Bank Anda 

Clubhouse dilarang beroperasi meskipun aplikasi tersebut digunakan oleh banyak orang Oman sebagai ruang untuk mengekspresikan pendapat mereka secara bebas tanpa sensor pemerintah.

Asosiasi Hak Asasi Manusia Oman menganggap bahwa pemerintah Oman memandang pemerintah otoriter China sebagai panutan.

Dilaporkan sebelumnya, China memang telah memblokir aplikasi audio tersebut pada Februari lalu.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini