Mengintip Teknologi di Balik Gardu Tol Otomatis

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 16 2380445 mengintip-teknologi-di-balik-gerbang-tol-otomatis-XwtEvvUVFg.jpg Gerbang Tol Otomatis (foto: Okezone)

JAKARTA – Pengguna mobil aktif pengguna jalan Tol tentu tidak asing lagi pintu gardu pembayaran otomatis. Hanya dengan menempelkan kartu di tab, palang pintu akan secara otomatis terbuka.

Sistem transaksi tersebut ternyata dibantu oleh teknologi yang bernama Robotic Process Automation (RPA).

RPA merupakan sebuah konsep teknologi yang menggunakan robot untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan yang bersifat repetitif.

Baca Juga: Bikin Percobaan Ilmiah Sendiri, Bakar Balon Pakai Lilin Tapi Tidak Pecah

Ia mampu meniru aktivitas manusia di dalam komputer dengan kemampuan untuk mengikuti keputusan, dasar aturan dan menyalin, menempel atau bertukar daya antar sistem.

Mengutip dari unggahan Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jumat (18/3/2021), RPA dapat memungkinkan sistem berinteraksi, mempelajari, memahami dan mewujudkan solusi melalui logika dan penalaran.

 Baca Juga: Ini 5 Teknologi yang Jadi Sorotan di CES

Teknologi ini merupakan evolusi dari 3 teknologi utama yaitu screen wrapping, workflow automation, dan juga kecerdasab buatan atau artificial intelligence (AI).

Tak hanya pada sistem tol, RPA juga bisa digunakan diberbagai bidang, seperti supply chain management, jasa keuangan, accounting, layanan pelanggan, pengadaan, telekomunikasi, kesehatan, energi dan lainnya.

Tak perlu khawatir, kehadiran RPA ini bukan untuk menghilangkan pekerjaan manusia, tapi justru dengan teknologi ini manusia akan lebih produksi dan efisien.

Adapun manfaat dari RPA adalah skalabilitas dan fleksibilitas, akurasi dan kualitas, produktivitas dan efisiensi, analitik keamanan tingkat lanjut, serta juga bisa untuk penghematan biaya operasional.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini