Begini Cara Kerja RAM, Kunci Kecepatan Kinerja Ponsel

Muh Iqbal Marsyaf, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 16 2384365 begini-cara-kerja-ram-kunci-kecepatan-kinerja-ponsel-iaUb8EtIzj.jpeg Ilustrasi RAM smartphone (Foto: Ist)

JAKARTA - Random Access Memory (RAM) adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah operasional smartphone. Apa fungsi RAM hingga membuatnya begitu penting bagi telepon selular (ponsel)?

RAM merupakan jenis penyimpanan supercepat -lebih cepat daripada penyimpanan utama ponsel tempat aplikasi, foto, video, dan musik Anda hidup. Dan ini membantu ponsel cerdas bekerja dan terasa cepat.

Melansir Business Insider, inilah cara kerja RAM dan fungsinya saat berada di smartphone kita:

1. Anda dapat menganggap RAM sebagai saku dan penyimpanan utama ponsel Anda sebagai ransel Anda. Jauh lebih cepat untuk mengeluarkan sesuatu dari saku daripada mengeluarkan sesuatu dari ransel Anda.

2. Saat menghidupkan ponsel, dan membuka aplikasi untuk pertama kalinya, ponsel Anda menarik sistem operasi (OS) dan data aplikasi dari penyimpanan utama ponsel Anda yang lebih lambat dan menyimpan sebagian besar OS dan data aplikasi di RAM ponsel Anda yang lebih cepat. Kita dapat menggunakan berbagai elemen dan fitur OS dan aplikasi dengan cepat.

3. Setelah Anda selesai dengan aplikasi yang digunakan, ponsel Anda menyimpan aplikasi dan apa pun yang Anda lakukan di dalam RAM ponsel, bahkan jika Anda beralih ke aplikasi lain.

 (Baca juga: 30 Maret, Xiaomi Bersiap Rilis Ponsel Terbaru)

4. Saat kembali ke aplikasi yang Anda gunakan beberapa waktu lalu, aplikasi akan terbuka tepat di tempat Anda tinggalkan, seolah-olah kita tidak pernah meninggalkan aplikasi, karena telah disimpan di RAM ponsel Anda. Pada dasarnya, aplikasi yang kita gunakan tetap berjalan di latar belakang saat Anda menggunakan aplikasi lain.

5. Beralih di antara aplikasi dan melanjutkan tepat di tempat Anda tinggalkan sering disebut "multitasking". Jika sebuah ponsel dikatakan melakukan banyak tugas dengan baik, itu karena ponsel itu menggunakan RAM dengan baik.

6. Jika ponsel tidak memiliki RAM, aplikasi akan tertutup sepenuhnya setiap kali Anda beralih aplikasi. Itu berarti aplikasi harus dibuka kembali sepenuhnya, seolah-olah Anda membukanya untuk pertama kali setelah menyalakan ponsel, yang menyebabkan penundaan sebelum Anda dapat menggunakan aplikasi.

(Baca juga: Kominfo: Pemerintah Siapkan Peta Jalan Digital 2021-2024)

7. Penyimpanan utama ponsel Anda yang lebih lambat berpotensi membuat OS dan aplikasi yang digunakan tetap berjalan di latar belakang. Tetapi jauh lebih lambat daripada RAM. Ponsel Anda dapat memiliki chip tercepat di dunia dan tetap akan terasa lambat tanpa RAM.

Banyak RAM Lebih Baik, Tapi Tidak Sesederhana Itu

 

Memang, lebih banyak RAM berarti ponsel Anda dapat menyimpan lebih banyak data OS dan aplikasi yang sering digunakan untuk akses cepat.

Ini memberi kesan ponsel Anda sangat cepat. Padahal ini dikarenakan OS dan aplikasi yang sebelumnya digunakan siap langsung digunakan saat kita kembali ke sana.

Namun tak melulu RAM yang membuat sebuah smartphone bekerja cepat. Lihat bagaimana pelitnya Apple membenamkan RAM dibanding Android.

Apple menggunakan RAM yang relatif rendah di iPhone-nya karena mereka telah mengoptimalkan sistem operasi iOS, komponen, dan cara menangani data aplikasi agar berkinerja sangat baik meskipun RAM-nya cuma 4 GB. Hal yang sama berlaku untuk Google dengan ponsel Pixel-nya.

Dengan perangkat Android yang bukan buatan Google, bisa dibilang pengoptimalannya secara umum kurang efisien. Ada begitu banyak perangkat Android di luar sana dengan perbedaan spesifikasi dan versi Android, sehingga pengoptimalan hampir tidak akan pernah sebaik Apple dan iPhone-nya. Jadi, banyak perangkat Android akan memiliki RAM 6 GB atau lebih untuk bekerja sebaik iPhone dengan RAM 4 GB.

 (sst)

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini