Wireless LG TONE Free FN7 Hadir dengan Fitur Pengusir Bakteri

Muh Iqbal Marsyaf, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 16 2384546 wireless-lg-tone-free-fn7-hadir-dengan-fitur-pengusir-bakteri-pm3wnBpzuN.jpg Wireless LG terbaru (foto: LG)

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) resmi memasarkan earbud True Wireless Stereo (TWS) terbarunya, LG TONE Free HBS-FN7, yang dipersenjatai ANC dan teknologi pembunuh bakteri.

Bukan itu saja, termasuk di dalamnya kualitas audio premium dari Meridian, pengalaman penggunaan yang intuitif hingga dan UV Light Case yang merupakan tempat pengisian daya, sekaligus melakukan proses pembersihan perangkat dari kemungkinan menempelnya bakteri dan kuman sepanjang pemakaian.

Satu fitur unggulan yang menggoda pada LG TONE Free FN7 adalah keberadaan Active Noise Cancellation (ANC). Sesuai namanya, fitur ini bekerja memblokir berbagai suara dari lingkungan sekitar, termasuk mengurangi kebisingan dalam frekuensi tinggi yang dapat bercampur memengaruhi kualitas tangkapan suara earphone.

Baca Juga: Begini Cara Kerja RAM, Kunci Kecepatan Kinerja Ponsel

Fitur ANC pada LG TONE Free FN7 dibangun berdasarkan kolaborasi desain khusus mikrofon dan gel telinganya. Untuk setiap unit earbud LG TONE Free FN7, terdapat tiga buah mikrofon yang memantau dan mendeteksi gelombang suara yang datang dari berbagai arah. Sementara desain berjuluk Vortex Ribs yang dipatenkan bagi unit yang masuk ke telinga (in-ear) dibuat dalam bentuk seperti spiral yang berguna untuk menutup lebih rapat dengan nyaman untuk meminimalkan rembesan kebisingan dari luar.

Dengan mengaktifkan ANC, kebisingan lingkungan hampir sepenuhnya dapat dinetralkan. Membuat setiap nada dan suara terdengar lebih jernih dan alami tanpa kehilangan detail meskipun penguat bunyi diatur pada tingkat maksimum.

Baca Juga: Kominfo: Pemerintah Siapkan Peta Jalan Digital 2021-2024

“Di manapun Anda sedang berada, gangguan suara seperti bisingnya suara di jalanan, riuhnya suara di kafe luar ruangan atau berisiknya suara dalam sebuah kereta yang sedang melaju, maka cukup dengan mengaktifkan ANC, seketika membuat Anda seperti dalam suatu ruangan pribadi yang tenang mendengarkan alunan musik favorit Anda dengan kualitas terbaik dari Meridian yang diperdengarkan melalui earphone LG TONE Free HBS-FN7,” ungkap Verina Widya, Product Marketing of Home Entertainment LG Electronics Indonesia.

Sama seperti seri LG TONE Free lainnya, LG FN7 ini pun menghadirkan teknologi dengan kualitas audio yang superior dari Meridian Audio. Teknologi ini merupakan besutan perusahaan teknologi audio Inggris yang terkenal dan mitra terpercaya LG dalam memberikan suara yang superior.

Salah satu dukungan Meridian pada LG FN7 yaitu dengan ditanamkannya Headphone Spatial Processing (HSP). Ini adalah teknologi pemroses suara yang telah disempurnakan Meridian selama lebih dari 25 tahun.

Dukungan teknologi ini mengatasi tantangan untuk mendengarkan musik melalui earphone yang ukurannya ringkas. Serta kurangnya kesinambungan bunyi antara saluran unit earphone bagian kanan dengan unit yang kiri.

Keberadaan HSP ini membuat LG TONE Free FN7 dapat menciptakan kembali bentang suara, dengan penyusunan kuat antar bunyi yang realistis, yang juga menghasilkan kejernihan pada warna suara vokal. “Bahkan untuk mendukung bermain game, LG TONE Free FN7 dapat menghasilkan suara real-time yang membuat pengalaman bermain game dengan kualitas audio premium terasa lebih menyenangkan,” tutur Verina Widya.

Di samping itu, Meridian juga memberikan pengaturan suara (equalizer) dengan di-cangkokkannya empat macam pengaturan suara yang yahud (preset). Masing-masing preset berfungsi untuk mengatur suara musik dengan kebutuhan dan selera penggunanya.

"Mode Natural untuk suara otentik dan seimbang, Immersive untuk menghadirkan bunyi dalam nu-ansa ruang lebih luas dan tiga dimensi, Bass Boost untuk hentakan lebih pada warna suara bass serta Treble Boost untuk meningkatkan performa warna vokal lebih jernih," katanya.

Khusus untuk warna suara bass, lanjut dia, LG TONE Free FN7 juga memberikan suara bass lebih penuh dan lebih kaya dengan driver silikon berkualitas tinggi, dome dengan lapisan logam lebih kuat dan peredam tekstur yang lebih padat untuk resolusi frekuensi menengah dan tinggi lebih baik.

Melengkapi kenyamanan penggunanya, LG HBS-FN7 dilengkapi dengan wadah penyimpan yang sekaligus sebagai pengisi daya canggih dengan nama UV Nano Case. Dikatakan unik karena disamping pengisian daya, wadah ini juga mencakup teknologi untuk membersihkan unit earphone terbaru LG ini dari kemungkinan bakteri yang menempel sepanjang pemakaian atau keberadaannya di luar wadah.

"Dengan memanfaatkan sinar ultraviolet, casing FN7 membantu menjaga kebersihan telinga pemakainya dengan mengurangi kemungkinan bakteri yang menempel pada bagian dalam earbud," klaimnya.

Hal terkait penjagaan kebersihan unit ini didukung pula oleh materi yang digunakan pada unit earbud LG FN7. Unit ear tips pada LG FN7 terbuat dari bahan silikon tak beracun dan bersifat hipoalergenik.

“Kelengkapan ini mengukuhkan LG TONE Free FN7 yang dibuat tak hanya memerhatikan pada kualitas suara yang bersih, tapi juga kebersihan pada saat penggunaannya,” ujar Verina Widya.

Berbarengan dengan peluncuran LG HBS TONE Free FN7, LG ikut memperkenalkan varian earbud TWS FN4 yang menjadi varian untuk menyasar pasar lebih luas. Meskipun ditujukan untuk menyasar konsumen yang lebih luas, LG FN4 pun memberikan kualitas suara premium berkat dukungan Meridian Audio.

Hal yang juga membuatnya memiliki pilihan pengaturan equalizer khusus dengan penataan dari Meridian. Untuk diketahui, Meridian merupakan perusahaan audio prestisius dari Inggris.

Untuk kenyamanan sekaligus keamanan sepanjang penggunaan, pabrikan Korea ini juga menyematkan fitur Ambient Sound Mode dalam earbud TWS ini. "Apabila ingin mengaktifkannya cukup melalui satu sentuhan pada earbud, seketika akan membuat penggunanya dapat mendengarkan suara dari lingkungan sekitar," ujarnya.

Fitur ini berfungsi saat penggunanya perlu melakukan percakapan singkat, mendengarkan pengumuman atau ketika menyeberang jalan. “Fitur ini mewakili upaya kami terkait cara yang lebih nyaman sekaligus aman dalam mendengarkan musik di tengah berbagai aktivitas penggunanya,” kata Verina Widya lagi.

Dia menambahkan, keduanya telah tersedia pada jaringan toko elektronik yang tersebar di Indonesia maupun secara online. “LG selalu berusaha memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen, dan dengan launching earbud TONE Free terbaru kami telah melengkapi jajaran produk kami dengan inovasi yang membawa serta teknologi audio terbaik yang dapat ditawarkan,” pungkas Verina Widya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini