Pemerintah Jepang Hentikan Penggunaan Aplikasi LINE

Susi Susanti, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 16 2386473 pemerintah-jepang-hentikan-penggunaan-aplikasi-line-NxgcumKXd7.jpg Ilustrasi LINE (Foto: Tradingpeek)

JAKARTA - Pemerintah Jepang untuk sementara waktu memutuskan berhenti menggunakan aplikasi pesan singkat LINE, yang populer di negara tersebut.

Dikutip Reuters, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang menyatakan pemerintah tidak menggunakan aplikasi tersebut untuk hal-hal yang berurusan dengan data sensitif.

"Pemerintah akan menghentikan penggunaan LINE ketika menangani informasi sensitif mulai sekarang dan segera membentuk satuan tugas. Akan ada panduan penggunaan dalam waktu dekat," terangnya.

(Baca juga: Jangan Khawatir Kehilangan Data, Ini Tips "Backup" Data Digital)

Seperti dikutip Antara, keputusan tidak lagi menggunakan LINE di kalangan pemerintahan ini muncul setelah sejumlah media Jepang melaporkan empat orang teknisi di salah satu afiliasi aplikasi tersebut di Shanghai, diizinkan menyimpan mengakses server di Jepang mulai 2018.

Server tersebut memuat data-data milik pengguna, antara lain nama, nomor telepon dan alamat surat elektronik.

Setelah laporan tersebut beredar, juru bicara LINE mengatakan memblokir akses ke data pengguna bagi afiliasi mereka di China.

 (Baca juga: Permudah Dakwah, Aplikasi Umma Bikin Fitur Audio Podcast)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini