Atlet Esports Aville Ungkap 4 Hal yang Harus Dikuasai untuk Jadi Pro Player

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 16 2386695 atlet-esports-aville-ungkap-4-hal-yang-harus-dikuasai-untuk-jadi-pro-player-43xO4FeHTs.jpg Aville mengungkap hal-hal yang harus dikuasai seorang pro player dalam videonya di YouTube. (Foto: YouTube)

JAKARTA - Adit Rosenda atau yang lebih dikenal sebagai Aville merupakan pria asal Indonesia kelahiran 6 November 1992. Aville sempat bergabung dalam EVOS Esports yang merupakan organisasi esports profesional.

Dia menjadi profesional player DOTA 2 selama lebih dari 5 tahun. Aville yang kini aktif sebagai YouTuber berbagi hal-hal harus dikuasai untuk menjadi profesional player dalam game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), genre game online yang dimainkan beberapa orang di sebuah arena yang sudah ditentukan. Contoh dari game ini adalah DOTA 2, League of Legends, Mobile Legends, dan lain lain.

BACA JUGA: Raih Rp21 Juta per Bulan, Gamers Disabilitas Ini Bantu Ekonomi Keluarga

Menurut Aville, game dengan genre ini pada umumnya mempunyai unsur dan ilmu dasar yang sama. Karena telah lama bermain DOTA 2, ketika Aville mulai memainkan game lain yaitu Mobile Legends, dia hanya butuh 2 minggu untuk mencapai rank tertinggi yaitu Mythical Glory. Hal ini ia ungkapkan karena telah terbiasa memainkan permainan yang sejenis.

“Kalau kalian mau jadi pro player, penting banget untuk tahu basic MOBA itu seperti apa” ujar Aville.

BACA JUGA: Indonesian Esports Awards 2020, Ini Daftar 11 Nominasi dan Pemenangnya

Dia menjelaskan empat hal yang perlu dimiliki seseorang untuk bisa jago dalam memainkan game genre MOBA. Yang pertama yaitu knowledge atau pemahaman tentang game. Bagian yang penting dalam knowledge yaitu META (Most Effective Tactic Available) atau taktik yang paling efektif yang dapat digunakan dalam game.

Kedua adalah response time, yaitu cepat atau lambatnya respon seorang pemain dalam menghadapi momen yang terjadi dalam game. Semakin cepat response time akan semakin baik performance dari pemain.

Ini berkaitan erat dengan map awareness yaitu kepekaan terhadap situasi yang terjadi di peta game. Dalam video YouTube-nya, Aville juga mendemonstrasikan penempatan jarinya untuk dapat melihat map dengan mudah.

Ketiga adalah decision making, yaitu bagaimana pemain mengambil keputusan yang tepat dalam sebuah momen di berbagai kondisi. Poin yang terakhir adalah mechanical skills, yaitu kemampuan untuk mengontrol hero yang sedang digunakan. Kemampuan ini bisa didapatkan dengan mengetahui dengan rinci tentang hero yang sedang dipakai supaya bisa memanfaatkan kekuatan hero tersebut dengan maksimal.

Tonton selengkapnya penjelasan dan tips dari Aville untuk bisa jago main game MOBA di YouTube channel StarPlay!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini