Fitur Refresh Disebut Bisa Mempercepat Kinerja PC atau Laptop, Ini Kata Kominfo

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Senin 05 April 2021 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 16 2389512 fitur-refresh-disebut-bisa-mempercepat-kinerja-pc-atau-laptop-ini-kata-kominfo-E6TCrDsDJ2.jpg Foto: Freepik.

JAKARTA - Pengguna PC atau laptop pasti familiar dengan penggunaan Refresh yang dipercaya dapat mempercepat kinerja perangkat. Fitur ini bisa ditemukan dengan mengklik kanan di desktop atau menggunakan F5 di keyboard.

Namun, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan bahwa hal tersebut adalah mitos. Tombol Refresh pada desktop memiliki fungsi yang sama sekali berbeda.

BACA JUGA: Tips Reset Ulang Windows pada Perangkat Laptop

"Fungsi tombol tersebut sebenarnya untuk memperbarui tampilan dari dekstop atau jendela eksplorer untuk memperbarui ke perubahan terbaru," jelas Kominfo melalui akun Instagram resminya, dikutip Minggu (4/4/2021).

Jadi misalnya, pengguna sudah mengganti nama folder tetapi nama tidak berubah. Dalam kasus tersebut tombol Refresh akan memperbaikinya.

BACA JUGA: Tangkap Layar, Ini Beberapa Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Tetapi pasti pengguna merasakan bahwa PC atau laptop tampak lebih cepat setelah melakukan Refresh. Sebenarnya, waktu yang dibutuhkan untuk Refresh PC atau laptop yang memperbaiki kelambatan tersebut, bukan tombol Refresh itu sendiri.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini