Review Galaxy S21 Ultra, Ponsel Flagship Samsung Kaya Fitur Kamera

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 08:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 16 2390616 review-galaxy-s21-ultra-ponsel-flagship-samsung-seharga-motor-matic-4fa54JaZbq.jpg Samsung Galaxy S21 Ultra (foto: Intan/MPI)

JAKARTA – Awal 2021 Samsung membuat gebrakan dengan menghadirkan ponsel terbarunya di Indonesia, yakni Galaxy S21 series. Ada tiga varian yang diluncurkan bersamaan dari pabrikan asal Korea Selatan itu, Galaxy S21, Galaxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra.

Salah satu yang memiliki keunggulan dari seri lain yakni, Galaxy S21 Ultra 5G. Seri ini memiliki begitu banyak fitur yang relevan bagi para pecinta film. Tidak hanya menonton lewat ponsel, namun juga mereka yang membuat konten video epic lewat smartphone.

Samsung menyebut pengguna Samsung Galaxy S21 Ultra 5G sebagai Social Expressor . Yakni, orang-orang yang memiliki gaya hidup aktif dan ingin membagikan momen harian mereka dengan perangkat terbaik.

Baca Juga: Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G

Khusus untuk seri Galaxy S21 Ultra 5G di Indonesia, ada dua pilihan warna yakni Phantom Black dan Phantom Silver. Harga yang ditawarkan pun sangat premium, dibanderol Rp 19.999.000. Wow, harga yang fantasitis, setara satu unit kendaraan motor matic.

Baca Juga: Samsung Galaxy S21 Ultra 512GB Jadi yang Terlaris di Indonesia

Dengan harganya yang selangit, apakah seimbang dengan spesifikasi dan kemampuan dari ponsel tersebut yang dihadirkan. Seperti apa keunggulannya? Berikut reviewnya:

Galaxy S21 Ultra 5G

Desain

Sesuai harga yang disematkan, desain Galaxy S21 Ultra ini sangatlah mewah, bukan sekedar ponsel murahan. Materialnya pun premium, sangat mewah, dan cantik.

Desain bagian belakang yang tampilan lebih clean, warna rada doff. Untuk tampilan layar menggunakan gorila glass victus, dimana ini merupakan pelindung antigores yang paling strong saat ini. Desain kelihatan lebih kece daripada pendahulunya, lebih berkarakter dengan garis pinggir menggunakan bahan alumunium.

Galaxy S21 Ultra ini juga memiliki material back panel yang matte. Jadi, bagian belakang smartphone tidak meninggalkan sidik jari di bagian belakang dan tak licin.

Galaxy S21 5G

Selain itu, rumah kamera Galaxy S21 Ultra agak menonjol dan menyatu dengan bodi belakang perangkat Samsung menyebutkannya sebagai desain Contour Cut. Untuk dimensi agak lebar yakni 75.6 mm. Nyaman atau tidak, tergantung masing-masing si pengguna dengan ukuran itu.

Untuk layar, Galaxy S21 Ultra menggunakan layar Dynamic AMOLED 2x dengan color volume 100 persen untuk warna yang akurat dan realistis. Galaxy S21 Ultra juga sudah mendukung refresh rate 120Hz di resolusi QHD+. Menariknya, Samsung juga sudah menerapkan adaptive refresh rate dari 10Hz sampai 120Hz, tergantung pada konten yang dibuka.

Selain mempunyai layar menawarkan warna jelas dan hidup bahkan di bawah sinar Matahari, Samsung juga membuat penggunanya nyaman saat menonton video. Pasalnya, Samsung menyematkan layar melengkung yang menawarkan pandangan menjadi lebih luas. Plus, layar juga bezeless.

Samsung Galaxy s21 

Performa

Galaxy S21 Ultra ini dibekali chipset terbaru, Exynos 2100. Chipset tersebut dibuat dengan proses pabrikasi 5nm.

Selain disokong dengan chipset unggulan, memori yang digunakan pada Galaxy S21 Ultra juga tidak kalah bagus. Galaxy S21 Ultra yang kami dapatkan ditopang dengan RAM 12GB dan ROM 256. Tentunya, dengan memori sebesar itu, akan sangat mudah dan cepat saat membuka aplikasi dengan smooth.

Dalam pengujian Geekbench 5, Galaxy S21 Ultra mampu mencetak skor single-core 1071 dan multi-core 3418. Sedangkan dalam pengujian PC Mark, Galaxy S21 Ultra dapat mencetak skor 14542.

Tidak hanya gahar di segi peforma, Galaxy S21 Ultra juga menyematkan Baterai 5.000 mAh Galaxy S21 Ultra 5G bukan yang tercepat. Tapi, terasa hemat. Pengisian daya 50% juga hanya butuh waktu 30 menit saja.

Samsung Galaxy S21 Ultra

Kamera

Ini pertama kalinya, Samsung menerapkan dual Tele-Lens pada smartphone. Keduanya memiliki kemampuan teknologi Dual-Pixel serta mendukung fitur zoom optic 3x dan 10x.

Lensa Dual-Tele Lens adalah salah satu fitur terbaik di Galaxy S21 Ultra 5G. Untuk kali pertama, fitur zoom foto dan video di smartphone benar-benar fungsional dan bisa digunakan. Hasil foto dan videonya jernih, tidak goyang, tajam, dan benar-benar bisa dijadikan B-roll untuk video YouTube. Sindonews seperti sedang menggunakan DSLR dengan lensa tele jauh.

Untuk content creator, video creator, vlogger hingga traveler, fitur Dual-Tele Lens ini akan banyak sekali digunakan.

Menggenggam Galaxy S21 Ultra 5G memang seperti membawa DSLR. Karena ada banyak sekali fitur yang bisa manfaatkan di 4 kamera belakang (Ultra-Wide Angle 12MP, Wide-angle 108MP, Dual Tele-Lens 10MP).

Kamera 108 MP cocok untuk foto lansekap. Fitur HDR membuat warna foto lebih menonjol. Untuk ngevlog, video 4K di 60 fps sekarang bisa digunakan di semua lensa. Di kamera depan 40 MP, di lensa Wide, juga lensa Tele.

Sesekali, bisa juga bereksperimen dengan foto RAW 12 bit yang mampu merekam lebih banyak detail, dan bisa diatur-atur sesuka hati.

Galaxy S21 Ultra okz

Sangat bisa menjadikan Galaxy S21 Ultra 5G sebagai perangkat utama membuat video YouTube. Sesekali memanfaatkan Director’s View untuk mencari mana lensa yang paling cocok untuk sebuah momen karena bisa aktif bersamaan.

Dukungan Multi-Mic Recording juga memudahkan, walau harus dipadu Galaxy Buds Pro. Untuk fitur video sendiri berlimpah. Ada Ultimate Super Steady yang smooth sekali, ada Dynamic Slo-Mo, ada opsi 8K, dan masih banyak cara untuk membuat video sinematik.

Kamera utama smartphone Samsung ini memiliki focal length 24mm (setara dengan 35mm), sehingga mencakup cakupan yang lebih luas dan dapat menghasilkan warna yang lebih baik, namun kecerahannya tetap terjaga tanpa terlalu banyak konsentrasi. Secara keseluruhan, performa eksposur otomatis sangat bagus karena menampilkan area sorotan dan bayangan yang optimal.

Kamera utama Galaxy S21 Ultra 5G juga memiliki sistem pixel pinning, jadi resolusinya 12MP secara default. Jika ingin mengambil gambar dengan resolusi tinggi, Anda harus mengaktifkan mode 108 MP terlebih dahulu. Guna menghasilkan foto dengan detail lebih dari 12 MP, pada siang hari 108 MP. Penggunaan resolusi sangat dianjurkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini