Hati-hati, Malware Menyamar Jadi Aplikasi Clubhouse Palsu

Susi Susanti, Jurnalis · Sabtu 10 April 2021 11:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 16 2392439 hati-hati-malware-menyamar-jadi-aplikasi-clubhouse-palsu-Eag6dGRQM5.jpg Ilustrasi aplikasi Clubhouse (Foto: Business Today)

 JAKARTA - Peretas siber membuat iklan di Facebook tentang aplikasi Clubhouse untuk komputer, yang sebenarnya berisi malware.

Seperti dikutip Antara, praktik ini ditemukan oleh TechCrunch, pada Jumat (9/4). Mereka menemukan aplikasi jejaring sosial tersebut yang menyamar menjadi aplikasi Clubhouse versi komputer untuk menyebarkan malware.

Ketika diklik, pengguna akan dibawa ke situs Clubhouse palsu dan diminta untuk mengunduh aplikasi, yang sebenarnya berisi malware.

(Baca juga: Lenovo Legion Phone Duel 2 Resmi Dirilis, RAM 18GB)

Hasil pemeriksaan dengan metode sandbox analysis, TechCrunch menemukan malware dari aplikasi Clubhouse palsu ini mencoba menginfeksi mesin yang terisolasi dengan ransomware.

Kabar baiknya, situs Clubhouse palsu yang diuji tersebut sudah tidak berfungsi lagi ketika dibuka beberapa waktu kemudian.

Meski begitu, masih ada aplikasi palsu lainnya yang menyamar sebagai Clubhouse, versi resmi layanan streaming audio tersebut saat ini hanya tersedia untuk sistem operasi iOS.

(Baca juga: Jangan Sembarangan Pakai Desain Font yang Diambil dari Internet)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini