Pendiri Adobe dan Pengembang PDF Charles Geschke Tutup Usia

Susi Susanti, Jurnalis · Senin 19 April 2021 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 16 2396990 pendiri-adobe-dan-pengembang-pdf-charles-geschke-tutup-usia-dAn9IFzYwD.jpg Adobe (Foto: Reuters)

JAKARTA - Charles “Chuck” Geschke, salah satu pendiri perusahaan perangkat lunak utama Adobe Inc. yang membantu mengembangkan teknologi Portable Document Format atau PDF meninggal  dunia pada usia 81 tahun.

Dikutip dari The Associated Press, pada Senin (19/4), Geschke, yang tinggal di pinggiran San Francisco Bay Area di Los Altos, meninggal dunia pada Jumat (16/4).

"Ini adalah kehilangan besar bagi seluruh komunitas Adobe dan industri teknologi, yang telah menjadi pemandu dan pahlawannya selama beberapa dekade," tulis CEO Adobe Shantanu Narayen dalam pernyataannya.

"Sebagai salah satu pendiri Adobe, Chuck dan John Warnock mengembangkan perangkat lunak inovatif yang telah merevolusi cara orang membuat dan berkomunikasi," terangnya.

Ia menambahkan, produk pertama keduanya adalah Adobe PostScript, teknologi inovatif yang menyediakan cara baru untuk mencetak teks dan gambar di atas kertas dan memicu revolusi penerbitan desktop.

(Baca juga: Awas Buang Limbah Elektronik Sembaranga! Ini Bahayanya)

"Chuck menanamkan dorongan tanpa henti untuk inovasi di perusahaan, menghasilkan beberapa penemuan perangkat lunak yang paling transformatif, termasuk PDF, Acrobat, Illustrator, Premiere Pro, dan Photoshop yang ada di mana-mana," ujarnya melanjutkan.

Lebih lanjut, sang istri mengatakan mendiang Geschke juga bangga dengan keluarganya.

"Dia adalah seorang pengusaha terkenal, pendiri perusahaan besar di AS dan dunia, dan tentu saja dia sangat, sangat bangga akan hal itu dan itu adalah pencapaian besar dalam hidupnya, tetapi itu bukan fokusnya - sungguh, (fokusnya adalah) keluarganya," kata Nancy "Nan" Geschke, 78, mengatakan kepada Mercury News.

Seperti dikutip Antara, setelah mendapatkan gelar doktor dari Universitas Carnegie Mellon, Geschke mulai bekerja di Pusat Penelitian Xerox Palo Alto, di mana dia bertemu Warnock. Keduanya lalu meninggalkan perusahaan pada tahun 1982 untuk mendirikan Adobe dan mengembangkan perangkat lunak bersama.

(Baca juga: Dewan Pengawas Facebook Akan Tentukan Nasib Blokir Akun Trump)

Pada 2009, Presiden Barack Obama menganugerahi Geschke dan Warnock National Medal of Technology.

Mercury News melaporkan pada 1992, Geschke selamat dari penculikan.

Kala itu, dua pria menangkap Geschke, 52, yang tiba di tempat kerja pada suatu pagi. Kedua pria ini menodongkan senjata dan membawanya ke Hollister, California, dan menahannya selama empat hari.

Namun polisi berhasil menggagalkan penculikan ini ketika menangkap seorang tersangka yang membawa uang tebusan sebanyak USD650.000 (Rp9,5 miliar). Polisi pun tiba di tempat persembunyian dan menyelamatkan Geschke.

(amr)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini