Hati-hati Akun Dibajak, Jangan Klik Tautan Baru WhatsApp Warna Pink

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 06:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 16 2397508 hati-hati-akun-dibajak-jangan-klik-tautan-baru-whatsapp-warna-pink-HexWS1hPwx.jpg Ilustrasi WhatsApp (Foto: Beebom)

JAKARTA - Penjahat siber kembali beraksi di aplikasi WhatsApp. Pengguna diharapkan jangan terkecoh, karena tautan yang mengklaim WhatsApp punya tema baru berwarna pink merupakan penipuan.

Melansir dari Mint, Senin (19/4/2021), layaknya informasi lainnya, tautan palsu ini tersebar luas melalui berbagai obrolan grup. Tidak hanya mengiming-imingi tema baru, tautan juga menjanjikan fitur-fitur baru di WhatsApp.

Tautan yang dibagikan tersebut mengklaim resmi berasal dari WhatsApp. Tentu jangan sampai terkecoh dan sembarang mengklik tautan yang tersebar di media sosial atau aplikasi perpesanan serupa.

(Baca juga: NASA Berhasil Terbangkan Helikopter Mini di Permukaan Mars)

Jika diklik, tautan tersebut bisa meretas dan membuat pengguna kehilangan akun WhatsApp mereka. Berdasarkan laporan, sejumlah pengguna WhatsApp telah membagikannya tersebut tanpa tahu bahwa tautan ini berbahaya.

Menurut Direktur Perusahaan Keamanan Siber, Voyager Infosec Jiten Jain, pengguna sangat tidak disarankan menginstal APK atau aplikasi mobile apa pun selain dari sumber toko aplikasi resmi seperti Google atau Apple.

(Baca juga: Instagram Lite Resmi Hadir di Indonesia, Hiasi Konten Ramadhan)

"Aplikasi jahat semacam ini bisa digunakan untuk mengambil alih smartphone dan mencuri data pribadi seperti foto, SMS, daftar kontak, dan lain-lain," terangnya.

 (sst)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini