Diabadikan Rover Perseverance, Helikopter Terbang di Mars untuk Pertama Kali

Dini Listiyani, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 16 2397697 diabadikan-rover-perseverance-helikopter-terbang-di-mars-untuk-pertama-kali-w4OlqiHAm4.jpg Helikopter NASA mendarat di Mars (foto: NASA)

SAN FRANCISCO - Eksplorasi udara Mars telah dimulai. Helikopter Ingenuity NASA lepas landas di Mars pada 19 April 2021, melakukan penerbangan bertenaga pertama di dunia luar Bumi.

Helikopter dijadwalkan naik dari Jezero Crater NASA pada pukul 12:31 EDT, naik maksimal 10 kaki di atas tanah dan mendarat sekitar 40 detik. Sekitar pukul 06.15 EDT, data turun dari Ingenuity melalui mitranya yang jauh lebih besar, penjelajah Perseverance NASA, helikopter kecil itu telah mencapai sasarannya.

Foto pertama dari Ingenuity menunjukkan bayangan helikopter di permukaan Mars di bawah. Sementara Perseverance merekam video menakjubkan dari penerbangan bersejarah di Mars, sebagaimana dikutip dari Space, Selasa (20/4/2021).

"Ingenuity telah melakukan penerbangan pertamanya, penerbangan pertama dari pesawat bertenaga di planet lain. Chief pilot Ingenuity Havard Grip mengatakan saat dia mengonfirmasi telemetri di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasedena, California.

Baca Juga: NASA Berhasil Terbangkan Helikopter Mini di Permukaan Mars

Singkatnya, penerbangan hari ini mungkin mengubah permainan, membuka jalan bagi eksplorasi ekstensif oleh pesawat Mars di jalan. Berkat karya terobosan Ingenuity, kata penjabat NASA, misi Planet Merah di masa depan biasanya dapat mencakup helikopter sebagai pengintai penjelajah atau pengumpul data dengan hak mereka sendiri.

Tim inti di balik penerbangan perintis Ingenuity menyaksikan penerbangan Mars hari ini dari ruang kontrol di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California. Mereka berdiri, mengangkat tangan dan bersorak saat keberhasilan penerbangan dikonfirmasi.

Baca Juga: Penampakan Foto Pertama Mars yang Berhasil Diabadikan Hope UEA 

MiMi Aung, manajer proyek Ingenuity, memuji prestasi bersejarah Ingenuity di Mars. Setiap planet, katanya di masa lalu, hanya mendapat satu penerbangan pertama. "Sekarang kita dapat mengatakan bahwa manusia telah menerbangkan helikopter di planet lain!" Aung berkata saat timnya bersorak. "Kita sudah lama membicarakan momen Wright bersaudara di Mars, dan ini dia."

NASA menamai lapangan terbang Ingenuity Mars Wright Brothers Field setelah Orville dan Wilbur Wright, yang melakukan penerbangan pertama yang lebih berat dari udara di Bumi pada tahun 1903. Ada juga bagian dari pesawat Wright Flyer mereka di Ingenuity untuk menandai acara tersebut.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini