Apple Ungkap AirTag, Aksesoris yang Bisa Lacak Benda Hilang

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 16 2398911 apple-ungkap-airtag-aksesoris-yang-bisa-lacak-benda-hilang-0UkFg2vN0j.jpg Ilustrasi Apple (Foto: Shutterstock)

CUPERTINO - Selain mengumumkan iPad Pro dan iMac terbaru, Apple ternyata juga mengungkap kehadiran AirTag. Aksesoris pelacak (smart tracker) ini sebenarnya sudah dirumorkan kehadirannya sejak beberapa waktu lalu.

AirTag memungkinkan pengguna melacak item dalam aplikasi "Find My" Apple di iOS. Sama seperti Tile, Apple AirTags akan berguna untuk melacak item seperti kunci atau dompet, dan pengguna akan diberi pemberitahuan saat terpisah dari item tersebut.

AirTag itu sendiri adalah perangkat seperti keping kecil yang mencakup speaker internal, akselerometer, Bluetooth LE, dan baterai yang dapat diganti pengguna.

(Baca juga: Ini Cara Amankan Akun Facebook dari Modus Tag Porno Phising)

Apple mengatakan AirTag dapat bertahan selama satu tahun masa pakai baterai dan dapat menggunakan ketukan NFC untuk mengaktifkan mode hilang.

AirTag akan tersedia dengan harga USD29 (Rp421.000) mulai 30 April mendatang. Apple memberikan bundling seharga USD99 (Rp1,4 juta) untuk empat paket perangkat AirTag.

Perusahaan asal Cupertino itu menjamin perangkat tidak akan menyimpan data lokasi atau riwayat lokasi apa pun di dalam perangkat fisik. Apple mengatakan mereka menggunakan enkripsi end-to-end untuk komunikasi antara AirTag dan jaringan Find My.

(Baca juga: Twitter Izinkan Pengguna Unggah Gambar Resolusi 4K)

(sst) 

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini