Biar Tambah Khusyuk di Bulan Ramadhan, Ini Deretan Aplikasi Android Pendukung Ibadah Puasa

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 26 April 2021 08:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 16 2400692 biar-tambah-khusyuk-di-bulan-ramadhan-ini-deretan-aplikasi-android-pendukung-ibadah-puasa-fM8kLeauJq.jpg Aplikasi Umma (Foto: Google Play)

JAKARTA - Kehadiran aplikasi di smartphone sangat membantu kehidupan sehari-hari, termasuk mendukung kegiatan selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan .

Beragam aplikasi yang mendukung berbagai aktivitas saat menjalankan ibadah puasa pun, kini sudah banyak tersedia di toko aplikasi Android Google Play Store.

Berikut ini deretan aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan puasa selama Ramadhan.

1. Muslim Pro

Muslim Pro merupakan salah satu aplikasi untuk umat muslim dengan fitur yang sangat lengkap.

Aplikasi Muslim Pro tersedia gratis, tapi juga menyediakan versi premium dengan membayar biaya berlangganan bulanan, tahunan atau one time payment.

Meski tak berlangganan premiun, tetap akan banya fitur yang bisa digunakan oleh pengguna reguler. Namun hanya akan diselingi iklan.

Saat pertama kali membuka aplikasi ini, di beranda akan ditampilkan lokasi, waktu shalat serta beberapa feed seperti doa-doa, komunitas hingga ayat hari ini.

Fitur yang disediakan oleh aplikasi Muslim Pro sangat lengkap mulai dari pengingat shalat, Alquran, arah kiblat, Asmaul Husna, kalender hijriyah, informasi tata cara haji dan umrah, doa sehari-hari dan banyak lagi.

 (Baca juga: Developer MNC Innovation Center: Flutter di Balik Keunggulan Aneka Aplikasi MNC Group)

2. Umma

Aplikasi lainnya adalah Umma, yang telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di Google Play Store.

Banyak fitur yang ditawarkan Umma, mulai dari Al-Qur’an digital, jadwal adzan, arah kiblat, kumpulan doa-doa, serta podcast yang membahas konten Islami.

Selanjutnya, ada fitur kumpulan artikel mengenai keislaman yang bisa menambah pengetahuan selama menjalani Ramadhan.

 (Baca juga: 4 Astronot dalam Misi SpaceX dan NASA Berhasil Tiba di ISS)

3. Mutabaah

Selanjutnya ada aplikasi Mutabaah. Fitur yang disediakan di dalamnya yakni checklist daftar ibadah yang dilakukan selama menjalani Ramadhan.

Tak hanya jadwal sholat, di aplikasi ini juga ada dzikir pagi hingga sedekah yang masuk dalam daftar ibadah yang dilakukan.

Aplikasi ini cukup ringan dengan pemasangan awal hanya membutuhkan 9,7MB memori tersedia.

Daftar yang tersedia bisa diisi setiap harinya, dan akan ada rekapan mingguan.

4. Kalkulator Zakat

Dengan aplikasi ini, pengguna tidak perlu bingung menghitung zakat yang harus dikeluarkan tahun ini.

Sesuai namanya aplikasi ini memiliki hitungan yang akurat. Adapun informasi hitungan zakat yang disediakan juga beragam, mulai dari zakat fitrah, zakat harta setahun, zakat profesi, zakat emas, dan zakat properti.

 (sst)

(amr)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini