Facebook Rancang Fitur Komisi Penjualan untuk Kreator Konten

Susi Susanti, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 16 2401987 facebook-rancang-fitur-komisi-penjualan-untuk-kreator-konten-GJflRSoAhl.jpg Facebook (Foto: Reuters)

JAKARTA - Facebook akan membangun fitur baru agar kreator konten bisa mendapatkan uang setelah merekomendasikan produk di aplikasi media sosial (medsos) tersebut.

CEO Mark Zuckerbeg menyatakan fitur ini akan dimulai dari platform Instagram. Mereka juga akan meluncurkan "toko kreator" atau creator shop untuk mendorong e-commerce.

Nantinya melalui ide yang ditawarkan, kreator akan mendapatkan sejumlah uang dari penjualan produk yang mereka rekomendasikan.

Kepala Instagram Adam Mosseri saat siaran langsung bersama Zuckerberg mengatakan marketplace baru ini akan menghubungkan kreator dengan merk, ditujukan untuk kreator kategori menengah.

Selama ini, hanya kreator besar yang mendapatkan banyak uang dari media sosial, sementara kreator kecil tidak demikian.

(Baca juga: Nonton Serial India ANTV dan Program Menarik tvOne Langsung dari HP, Eksklusif di Vision+)

"Jika bisa membantu perjodohan ini, kreator yang lebih kecil, yang bisa berkarya luar biasa untuk merk, akan bisa mendapatkan tambahan uang," kata Mosseri, seperti dikutip Antara.

Facebook belum memberikan informasi kapan fitur ini akan meluncur dan berapa banyak pendapatan kreator setelah ada fitur ini.

Bulan lalu, Facebook menyatakan kreator akan bisa meraih pendapatan iklan dari video berdurasi satu menit.

(Baca juga: Jam Tangan Pintar Ini Mampu Deteksi Covid-19 Melalui Keringat)

Raksasa media sosial ini juga akan memperluas mata uang virtual "Stars" atau tip dari penonton untuk kreator konten kesukaan mereka.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini