Cara Aman Membersihkan Layar Ponsel Tidak Mudah Tergores

Dini Listiyani, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 16 2402649 cara-aman-membersihkan-layar-ponsel-tidak-mudah-tergores-QKX5YOB0Zh.jpg Ilustrasi membersihkan layar HP (foto: 30second)

JAKARTA - Cara membersihkan layar ponsel perlu diketahui para penggunanya. Mengingat, layar hp selalu dipegang oleh tangan dan kemungkinan ada bakteri yang menempel di sana.

Layar ponsel adalah permukaan dengan sentuhan tinggi. Pengguna menghabiskan waktu berjam-jam dengan smartphone mereka setiap hari dan sering lalai untuk membersihkan perangkat ini.

Baca Juga:  Tahukah Kamu, Tempered Glass Ternyata Sudah Ada sejak Abad 17

Bakteri dan kuman dapat muncul di layar ponsel saat Anda menggunakan perangkat. Jadi, Anda harus membersihkan ponsel dan tablet secara rutin agar kuman tidak menyebar.

Sayangnya, kebanyakan orang lalai membersihkan layar hp mereka. Jika Anda sudah lama tidak membersihkan layar hp, ikuti teknik-teknik berikut ini sebagaimana dikutip dari Digital Trends, Rabu (28/4/2021).

 Baca Juga: Cara Aman Bersihkan Layar Ponsel dengan Hand Sanitizer

1. Cara Membersihkan Layar Hp Menggunakan Microfiber

Cara membersihkan layar hp yang termudah dan termurah adalah menggunakan kain mikrofiber. Tidak seperti handuk berbasis kertas, kain mikrofiber membersihkan kaca sensitif pada smartphone atau tablet dengan lembut dan tanpa risiko tergores.

Microfiber juga menarik dan menghilangkan minyak serta debu yang tidak diingikan. Sedangkan produk lain dapat dengan mudah menyebarkan debu atau minyak.

Untuk membersihkan layar hp Anda, matikan display. Karena ini memungkinkan Anda untuk melihat kotoran lebih baik. Ini juga wajib jika menggunakan air (lihat di bawah). Gerakkan kain ke arah horizontal atau vertikal berulang kali. Setelah Anda menyelesaikan satu area layar, lanjutkan ke area kotor berikutnya, dan lanjutkan menyeka hingga permukaan benar-benar bersih.

Untuk pekerjaan yang lebih kotor, atau yang membutuhkan lebih dari kain mikrofiber dan sedikit minyak siku, pertimbangkan untuk menggunakan sedikit air.

Pertama, matikan smartphone Anda dan keluarkan baterainya (jika memungkinkan). Selanjutnya, basahi salah satu sudut kain dengan air - jangan gunakan sabun apa pun saat melakukan ini - dan bersihkan permukaan layar dengan cara yang mirip dengan metode yang diuraikan di atas. Setelah selesai, gunakan bagian kain yang kering untuk menghilangkan sebagian air.

Disarankan agar kain mikrofiber tetap bersih sehingga Anda tidak menggosok debu dan kotoran yang terangkat kembali pada layar.

Untuk membersihkan kain, cukup rendam dalam campuran air hangat dan sabun, bilas hingga bersih, lalu keringkan sepenuhnya dengan udara sebelum digunakan kembali.

2. Cara Membersihkan Layar Hp Menggunakan Selotip

Cara membersihkan layar hp menggunakan selotip cukup mudah. Saat kain mikrofiber tidak lagi diperlukan dan Anda perlu membersihkan layar dengan cepat, selotip Scotch atau jenis perekat lainnya dapat digunakan.

Cukup tempelkan selotip ke permukaan layar dan lepaskan untuk menghilangkan kotoran yang tidak diingikan. Ulangi sesering yang diperlukan untuk membersihkan seluruh layar. Untuk trik ini, selotip lebar adalah yang terbaik. Ini trik sederhana, tapi berhasil dengan baik lho!

Hal-hal yang perlu dihindari:

Tidak semua metode pembersihan dibuat sama, dan ada beberapa metode yang awalnya tampak jelas tapi harus dihindari. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Pembersih Berbahan Dasar Alkohol

Dengan layar tablet yang kotor, naluri pertama Anda mungkin adalah meraih pembersih berbahan alkohol. Pembersih ini tidak hanya bisa merusak lapisan pelindung pada perangkat, tapi jika Anda menyemprotkan langsung ke ponse, cairan dapat masuk ke dalam dan menyebabkan kerusakan port.

Biasanya air adalah satu-satunya yang Anda butuhkan untuk membersihkan layar perangkat secara efektif. Namun, air tidak cukup untuk menghancurkan bakteri berbahaya. Jika Anda mencari solusi pembersih layar yang dapat Anda buat di rumah — sedikit alkohol yang dicampur dengan air dapat membantu melawan kuman permukaan.

Perlu diingat, meskipun alkohol yang diencerkan dapat merusak perangkat Anda. Pastikan untuk membaca instruksi dengan hati-hati dan berhati-hatilah saat membersihkan dengan larutan ini.

2. Tisu Basah Berbahan Dasar Kertas

Jangan seka layar hp Anda dengan handuk kertas, tisu, kain kasar, atau bahan kaos. Meski terasa lembut saat disentuh, jahitan pada tisu ini dapat dengan mudah menggores permukaan kaca. Pada awalnya, Anda mungkin tidak memerhatikan kapan goresan mulai muncul.

Tapi, akan menjadi sangat jelas seiring berjalannya waktu. Akhirnya, goresan dapat mengganggu respons layar Anda atau menyebabkan layar sentuh Anda tidak berfungsi. Sebagai gantinya, gunakan kain mikrofiber untuk menjaga kebersihan layar ponsel cerdas Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini