Kominfo, LIPI, dan AGI Luncurkan Buku Digital soal Industri Game Tanah Air

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Sabtu 01 Mei 2021 08:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 01 16 2403851 kominfo-lipi-dan-agi-luncurkan-buku-digital-soal-industri-game-tanah-air-ycZn6AQoUw.jpg (Foto : Instagram/@kemenkominfo)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) meluncurkan buku digital bertajuk "Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2020".

Tujuan peluncuran buku ini untuk memetakan kondisi terkini dari ekosistem industri game di Indonesia. Selain itu, buku juga untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang ekosistem game Tanah Air serta untuk memberi rekomendasi kebijakan yang tepat sasaran.

Peluncuran buku ini juga untuk mendorong terciptanya sinergi antara kementerian dan lembaga guna memecahkan permasalahan industri pada ekosistem industri game.

Buku ini mengulas soal data dan fakta terkini kondisi ekosisem industri game Indonesia. Selain itu, buku ini membahas soal tantangan dan peran pemerintah dalam mengakselerasi perkembangan industri game Tanah Air.

Lewat unggahan akun Instagram resmi @kemenkominfo, hasil dari penelitian dalam buku yang bisa dipelajari adalah bagaimana pengembangan dan penerbit video game di Indonesia mengelola sumber daya manusia, memproduksi game, memasarkan game, dan memperoleh profit dari pembuatan game.

"Industri video game di Indonesia merupakan salah satu subsektor industri kreatif yang sangat potensial," tulis akun tersebut, dikutip Jumat (3/4/2021).

Adapun jumlah produksi video game dalam 3 tahun terakhir berdasarkan status dan badan usaha yakni pada 2017 mencapai 143; 2018 mencapai 225; dan 2019 tertinggi hingga 332. 

Sebaran pengembang dan penerbit video game terbanyak ada di Kota Bandung (15,71%), Kabupaten Sleman (10%), dan Kota Jakarta Barat (5,71%).

Baca Juga : Game Penghilang Rasa Bosan yang Bikin Ketagihan

Untuk bisa mengaksesnya secara gratis kamu bisa mengunjungi tautan s.id/petagame2020.

Baca Juga : Game Seru Untuk Temani Kamu Menunggu Buka Puasa!

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini