10 Fakta Menarik Bill Gates, Kutu Buku hingga Penyesalan Terbesar

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 16 2405314 10-fakta-menarik-bill-gates-kutu-buku-hingga-penyesalan-terbesar-DdhomGJHNJ.jpg Bill Gates (Foto: Reuters)

JAKARTA – Sepertinya tidak ada yang menduga jika pasangan terkaya di dunia, Bill Gates dan Melinda memutuskan mengakhiri biduk rumah tangga mereka usai 27 tahun bersama.

Kehidupan miliarder ini sontak kembali menjadi sorotan dunia mengingat pasangan ini jarang diterpa isu miring. Terlepas dari masalah perceraian, Bill Gates dikenal sebagai bos teknologi yang sukses. Gates adalah salah satu pendiri perusahaan software terbesar dunia, Microsoft.

Mungkin sudah banyak orang yang mengenalnya. Namun bagi yang belum, yuk kenali lebih jauh dengan mengintip fakta-fakta menarik soal Bill Gates, sebagaimana dikutip dari entrepreneur.com.

  • Program pertama

Bill Gates membuat program pertamanya saat berusia 13 tahun. Kala itu, memanfaatkan komputer model General Electric untuk membuat sebuah game berkonsep tic-tac-toe. Berkat keahliannya itu, pihak sekolah memasukkan Bill Gates ke dalam kelas yang dipenuhi siswi-siswi cantik.

(Baca juga: Ingin Belajar Bahasa Korea? Aplikasi Ini Bisa Membantu Anda)

  • Dikeluarkan dari kampus

Seperti kebanyakan pengusaha sukses dunia, Bill Gates tidak pernah menamatkan pendidikannya di jenjang perguruan tinggi. Dia dikeluarkan dari Harvard pada tahun 1975, dan memutuskan untuk mendirikan Microsoft.

  • Pernah ditangkap polisi

Tak banyak yang tahu semasa muda, Bill Gates cukup sering membuat onar. Pada tahun 1977, dia di tangkap kepolisian New Mexico lantaran berkendara tanpa memiliki surat izin mengemudi dan menerobos lampu merah.

(Baca juga: Ini Rekomendasi Smartphone dengan Harga Rp2 Jutaan)

  • Punya pesawat pribadi

Sebagai pengusaha sukses sekaligus philantropist, Bill Gates kerap melakukan perjalanan dunia untuk memberikan bantuan kepada sejumlah negara. Menyadari mobilitasnya yang cukup tinggi, pada tahun 1997 Bill Gates membeli pesawat pribadi yang ia sebut dengan julukan 'big splurge'.

  • Koleksi barang-barang mahal dan antik

Selain pesawat pribadi, Bill Gates memiliki berbagai koleksi barang-barang mahal dan antik. Tahun 1994, ia merogoh kocek hingga USD30 juta (Rp432 miliar) untuk membeli tulisan asli seniman legendaris, Leonardo da Vinci.

  • Kutu buku

Bila menilik unggahan di akun Instagram pribadinya, Bill Gates seringkali membagikan ulasan buku yang telah rampung dibacanya. Pria berusia 65 tahun itu memang telah lama dikenal sebagai kutu buku. Ia bahkan bisa membaca hingga 50 buku per tahun.

  • Warisan

Meski memiliki harta yang berlimpah, Bill Gates ternyata tidak akan mewariskan semuanya ke anak-anaknya. Ia dilaporkan sudah membuat surat wasiat bahwa anaknya 'hanya' mendapatkan warisan senilai USD10 juta (Rp144 miliar) per anak. Gates mengatakan, 'meninggalkan banyak harta untuk mereka bukanlah tindakan yang bijaksana'.

  • Penyesalan terbesar

Salah satu penyelesan terbesar Bill Gates dalam hidupnya adalah dia tidak bisa berbahasa asing.

  • Ingin Menjadi Ilmuwan

Dalam film dokumenternya di Netflix, Bill Gates sempat mengatakan bahwa bila dirinya tidak berhasil mengembangkan Microsoft, ia akan banting setir menjadi ilmuwan di bidang artificial intelligence (AI).

  • Penggemar Weezer

Selain membaca buku, Bill Gates juga sangat mencintai musik. Dia memiliki dua band favorit yakni, Weezer dan U2. (sst)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini