5.5 Hari BBI, Ada Promo hingga Gratis Ongkir dari Platform E-Commerce

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 16 2406536 5-5-hari-bbi-ada-promo-hingga-gratis-ongkir-dari-platform-e-commerce-QA4QhJN0Sp.jpg Ilustrasi belanja online (foto: Shutterstock))

JAKARTA - Pemerintah lewat penandatanganan MoU antara Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), beserta Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) telah menetapkan tanggal 5 Mei sebagai Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Bersama para pelaku industri e-commerce Tanah Air, Bhinneka.Com turut menyukseskan kampanye 5.5 Hari BBI dengan memberikan program gratis ongkos kirim pada 5-13 Mei 2021, dan potongan harga hingga Rp 500 ribu sebagai dukungan nyata untuk produk dalam negeri terbaik, pelaku UMKM dan apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang merayakan Lebaran di rumah saja (tidak mudik) mematuhi aturan pemerintah.

“Sejalan dengan program pemerintah, kami berkomitmen untuk menyukseskan kampanye 5.5 Hari Bangga Buatan Indonesia. Sebuah kelanjutan dari berbagai inisiatif Bhinneka.Com dalam mendorong pertumbuhan produk dalam negeri terbaik dan pelaku UMKM di Indonesia,´ ujar Head of Corporate Communications Bhinneka.Com, Astrid Warsito.

Baca Juga: Ada 931 Pengaduan Konsumen Sepanjang 2020, Terbanyak soal E-Commerce

Hari BBI

Menurutnya, dalam situasi pembatasan sosial ini, e-Commerce menjadi solusi. Seperti tahun lalu, dapat dipastikan peningkatan transaksi online menjelang hari raya Idul fitri. Program Hari BBI 2021 ditegaskan menjadi bentuk kepedulian industri e-commerce dan pemerintah terhadap produk dalam negeri serta masyarakat Indonesia selaku konsumen.

Baca Juga: Cegah Peretasan, Ini Tips Aman ketika Belanja Online

“Hari BBI 2021 menjadi kesempatan bagi industri e-commerce dan pemerintah untuk bergotong royong memajukan perekonomian negeri. Melalui gratis ongkir dan promo yang diberikan oleh seluruh anggota kami yang berpartisipasi seperti Bhinneka.Com, kami harap dapat berdampak pada peningkatan penjualan pelaku usaha lokal dan UMKM. Pemerintah juga mengambil peran dengan melakukan berbagai edukasi dan sosialisasi program ini, sebagai strategi untuk menggapai pemulihan ekonomi masyarakat Indonesia.” ujar Bima Laga selaku Ketua Umum idEA.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi menetapkan 5 Mei 2021 sebagai Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang bertemakan "Semakin Bangga Buatan Indonesia". Penyelenggaraan Hari BBI secara daring ini juga didukung oleh 72 platform e-commerce di Indonesia.

"Pencanangan Hari BBI 2021 ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo agar momentum Ramadan dan Idul Fitri 2021 harus dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, beberapa kebijakan dan program perlu dilakukan agar konsumsi masyarakat dapat terus meningkat di tengah kebijakan peniadaan mudik," kata Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi.

"Penyelenggaraan Hari BBI secara daring diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama Bulan Suci Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri. Dengan berbelanja secara daring, diharapkan juga mobilitas masyarakat dapat semakin berkurang," tambah Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini