Google Maps Kini Akomodir Pemotor untuk Cari Jalan Tikus yang Aman

Wahyu Budi Santoso, Jurnalis · Rabu 12 Mei 2021 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 16 2409494 google-maps-kini-akomodir-pemotor-untuk-cari-jalan-tikus-yang-aman-opxW6yYQ53.jpg Ilustrasi.

JAKARTA ā€“ Guna menghindari kemacetan, para pengguna jalan biasanya mencari jalan alternatif atau Jalan Tikus. Rute jalan alternatif tersebut kini diakomodir Google Maps untuk kebutuhan pemotor.

Sebelumnya, aplikasi penunjuk arah besutan Google itu hanya melayani pengguna transportasi umum, pejalan kaki, dan mobil pribadi.

Selain membuang waktu dan menghabiskan tenaga, terjebak macet pun bisa menimbulkan stres. Untungnya, Anda selalu bisa memanfaatkan jalan tikus alias jalan alternatif untuk menghindari macet yang biasanya terjadi di ruas jalan utama.

BACA JUGA: Google Maps Hadirkan Fitur Terbaru Penunjuk Rute Hemat Bensin

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menemukan jalan tikus, bahkan jika Anda sedang berada di kota yang tidak terlalu familiar sehingga Anda tidak hafal rute jalan alternatif selain jalan utama. Lantas, bagaimana caranya Anda bisa menemukan jalan tikus?

Kehadiran internet menjadikan semua akses menjadi lebih mudah, seperti halnya masalah navigasi. Navigasi merupakan petunjuk arah saat ingin mencapai lokasi tertentu.

Jika masyarakat zaman dahulu memilih bertanya kepada orang sekitar, di zaman digital ini telah disediakan alat khusus bernama gadget.

Nantinya gadget tersebut akan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk membantu menyelesaikan masalah manusia.

Dan sebuah aplikasi khusus, andalan untuk mencari rute dan tujuan disebut Google Maps.

BACA JUGA: Fitur Baru Google Maps Akan Arahkan Pengemudi ke Rute Ramah Lingkungan

Untuk meningkatkan layanan, Google Mapsdiupdate ke versi 9.73 yang mulai bisa didapatkan lewat Google Play Store.

Dikutip dari berbagai sumber, Google Maps terbaru berikan jalur tikus untuk pengendara sepeda motor.

Lalu, buka aplikasi Google Maps seperti biasa, lalu tentukan tujuan di peta dan minta petunjuk arah (direction). Google Maps kemudian akan menampilkan petunjuk arah.

Penguna motor jadinya lebih mudah untuk menemukan rute atau jalur alternatif serta lebih hemat waktu untuk mencapai tujuan.

Hal ini tentunya membuat pengendara online lebih mudah saat mengantar pelanggan mereka.

Dan untuk mengakses layanan terbaru, berikut ini caranya.

1. Update Google Maps ke versi 9.73.

2. Pilih tujuan.

3. Pilih mode transportasi sepeda motor.

4. Kemudian klik detail navigasi.

5. Selanjutnya klik landmark yang ditandai dengan huruf ā€œiā€ untuk mengingat jalur yang dituju.

Selain pengguna umum, fitur navigasi khusus kendaraan roda dua diGoogle Maps ini diharapkan bisa membantu para pengemudi ojek online yang sering kali berlalu-lalang di jalanan dan membutuhkan navigasi GPS.

(DKA)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini