Ini 5 Aplikasi GPS yang Bisa Digunakan Saat Offline

Yudi Setyowibowo, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 16 2410111 ini-5-aplikasi-gps-yang-bisa-digunakan-saat-offline-4IaBTSQxSM.jpg Ilustrasi Google Maps (Foto: Cnet)

JAKARTA – Hampir semua pengguna android sangat familiar dengan aplikasi Google Maps yang membantu memberi arah ketempat tujuan Anda. Sepertinya hampir seluruh android langsung tertanam aplikasi Google Maps.

Namun sebenarnya ada banyak opsi selain Google Maps yang bisa menunjukan arah untuk sampai ke lokasi tujuan Anda. Dilansir Androidauthority.com, berikut lima aplikasi GPS terbaik dan opsi aplikasi navigasi untuk Android Anda yang bisa dicoba.

1. HERE WeGo Maps

HERE WeGo adalah salah satu dari pesaing serius Google Maps di ruang aplikasi navigasi. Apikasi ini menggunakan fitur antarmuka yang sederhana dan elegan dengan opsi pemetaan di seluruh dunia.

Tidak seperti Google Maps yang harus dioperasikan secara online, HERE WeGo Maps dapat terus beroperasi walau di lokasi yang tidak ada sinyal sekalipun alias offline. Aplikasi ini juga membantu jika Anda berada di area dengan koneksi data yang tidak stabil.

HERE juga menampilkan informasi lalu lintas (jika tersedia), peta angkutan umum, dan Anda dapat menyesuaikan dengan menyimpan tempat untuk petunjuk arah cepat nanti. Semuanya gratis untuk digunakan. Ada juga aplikasi pembuat peta yang memungkinkan Anda mengubah peta juga.

 (Baca juga: Wow, MacBook Bakal Miliki Tujuh Warna)

2. MapFactor

MapFactor adalah salah satu opsi aplikasi navigasi populer yang sederhana. Ini mencakup fitur navigasi dan GPS dasar.

Aplikasi ini menggunakan OpenStreetMap. Itu berarti Anda bisa mendapatkan peta offline gratis yang diperbarui setiap bulan.

Ada juga opsi peta tambahan, tetapi mungkin Anda bisa dikenakan biaya. Aplikasi GPS ini juga mendukung peta di banyak negara di seluruh dunia.

 (Baca juga: Bersiaplah, Ini 3 Hal Baru yang Muncul di Android 12)

3. MapQuest

MapQuest telah mengalami banyak desain ulang selama bertahun-tahun. Namun, ini adalah layanan aplikasi Maps yang telah hadir sejak lama.

Aplikasi ini menggunakan arah standar dan tidak memberikan opsi jalur lain yang lebih cepat. Ada juga fitur lain seperti pembaruan lalu lintas langsung, perutean ulang arah berdasarkan lalu lintas, dan layanan untuk mencari SPBU.

Aplikasi ini juga bisa membantu Anda jika mobil mengalami kerusakan dengan opsi panggilan truk derek. Aplikasi ini memang tidak sebaik Google Maps namun aplikasi ini bisa dijalankan ketika di aera tersebut tidak ada jaringan internet.

4. Waze

Waze adalah salah satu aplikasi yang dibuat oleh Google namun dengan tampilan sedikit lebih sederhana. Waze bagus untuk petunjuk arah, terutama pada perjalanan darat atau perjalanan sehari-hari.

Aplikasi ini juga akan menunjukkan hal-hal seperti kemacetan, lokasi polisi, dan info berguna lainnya. Kelebihan lainnya, Waze juga memiliki voice untuk mengarahkan Anda kelokasi tujuan.

5. Maps.Me

Maps.me adalah aplikasi navigasi dan aplikasi GPS gratis lainnya yang layak dicoba. Aplikasi ini menampilkan fitur peta offline yang akanmenunjukan arah ke lokasi tujuan Anda. Peta yang ada di aplikasi ini juga bisa diperbarui melalui OpenStreetMap.

Ada juga lokasi bookmark, pencarian offline, data lalu lintas, dan dukungan di seluruh dunia. Ini hampir mendekati pesaing Google Maps.

Aplikasi ini gratis tapi ada beberapa iklan yang muncul ketika digunakan.

 (sst)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini