5 Aplikasi Terbaik Bantu Tumbuh Kembang Anak

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 16 2411753 5-aplikasi-terbaik-bantu-tumbuh-kembang-anak-24Xz6NWjcV.jpg Ilustrasi aplikasi (foto: Istimewa)

JAKARTA – Setiap orangtua mengharapkan tumbuh kembang anak yang optimal berjalan dengan baik. Ada sejumlah aspek yang wajib diketahui orangtua, yakni perkembangan fisik, perkembangan kognitif (kecerdasan) dan sosioemosinal.

Bukan hanya itu, orang tua wajib memberikan edukasi kepada sang buah hati. Disnilah perah orangtua dalam memantau tumbuh kembang anak dengan mengajarkan edukasi kepada anak sejak dini.

Namun demikian, para orang tua tidak perlu bingung dalam memilih sarana edukasi untuk membantu tumbuh kembang anak. Berikut 5 aplikasi yang bisa menjadi alternatif para orangtua.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Video Call yang Mudah Digunakan Orang Tua

Baca Juga: Ingin Belajar Bahasa Korea? Aplikasi Ini Bisa Membantu Anda

1. Khan Academy

Aplikasi Khan Academy ini merupakan aplikasi pendidikan yang bisa diakses secara gratis. Aplikasi ini menawarkan berbagai ilmu dan kursus untuk segala usia. Terdapat berbagai macam mata pelajaran dari berbagai tingkatan yang bisa di akses seperti sains, matematika, ekonomi dan teknik, seni dan humaniora dan persiapan ujian. Namun sangat disayangkan bahwa Khan Academy tidak memfasilitasi kursus bahasa asing. Khan Academy ini mentargetkan pelajaran visual dengan menggunakan foto, peta dan iilustrasilainya. Cocok untuk belajar secara otodidak.

2. Busy Shapes

Busy Shapes adalah aplikasi yang sengat cocok untuk anak-anak. Aplikasi ini di rancang untuk mengasah logika dan penalaran anak. Aplikasi ini juga mudah dimainkan dengan mencocokan objek satu dengan yang lain. Tidak ada instruksi dalam aplikasi itu jadi dapat mengasah pola, logika dan pemikiran anak.

3. ABCmouse.com

ABCmouse.com merupakan aplikasi berbasis kurikulum lengkap untuk anak pra-sekolah umur dua tahun sampai depalan tahun. Aplikasi ini berisikan ratusan permainan interaktif, maktematika, sains, ativitas hingga video membaca. Namun sangat disayangkan karena aplikasi ini berbasis kurikulum maka aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. Akan tetapi jika anak tidak masuk pra-sekolah ini menjadi metode paling cocok untuk melihat pola kemajuan belajar sang buah hati.

4. Prodigy

Prodigy ini merupakan aplikasi yang sangat populer dipasaran. Aplikasi yang berisikan tentang pelajaran matematika diperuntukan untuk kelas satu hingga kelas delapan. Pola dari Prology ini dengan Bermain game lalu menjawab pertanyaan matematika dasar dengan benar. Pada dasarnya aplikasi ini di akes secara gratis, namun jika orang tua mau mendapatkan fitur lebih maka orang tua mesti berlangganan.

5. Google Arts and Culture

Merupakan aplikasi selular yang dapa diakses secara gratis. Google Arts and Culture ini menawarkan berbagai fitur yaitu mencari kata kunci atau kategori yang relevan tentang koleksi seni. Aplikasi ini adalah sumber daya pendidikan berharga bagi remaja yang, karena dapat memberikan informasi melalui kata-kata tertulis untuk menyertakan gambar dan video.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini