Terungkap! Mobile Games Dominasi Kenaikan Trafik Data 3 Indonesia saat Lebaran

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 16 2412371 terungkap-mobile-games-dominasi-kenaikan-trafik-data-3-indonesia-saat-lebaran-qTR6XuysUX.jpg Main games (Foto: Ist)

Ternyata selama Lebaran tahun ini, provider 3 Indonesia mencatat ragam aplikasi pesan seperti WhatsApp mengalami kenaikan penggunaan trafik sebesar 60%, jika dibandingkan dengan hari normal sebelum Ramadhan.

Begitu juga dengan aplikasi mobile games dan streaming, 3 Indonesia mencatat kenaikan aplikasi mobile games seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends yang naik sekitar 90% hingga 150%.

 main games di ponsel

Selain itu, terdapat kenaikan yang cukup signifikan untuk aplikasi YouTube dan Netflix sebesar 30%.

"Pelanggan 3 Indonesia juga banyak menggunakan media sosial untuk berbagi ucapan dan momen saat Idulfitri," ungkap Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia.

Secara keseluruhan, terdapat kenaikan penggunaan aplikasi media sosial sebesar 23%, didominasi oleh aplikasi TikTok yang naik sebesar 70%, diikuti Instagram dan Facebook.

Sementara itu, untuk SMS juga mengalami kenaikan sebesar 14%, sedangkan untuk layanan suara menurun sebesar 6,5%.

Di sisi lain, 3 Indonesia sendiri mengaku telah menggandakan jumlah sites-nya hampir dua kali lipat dalam dua tahun terakhir untuk melayani lebih banyak pelanggan.

Untuk menjalani perayaan Hari Raya Idulfitri 2021, 3 Indonesia memperluas jaringannya di 214 hot spot di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara.

Sejumlah Cell on Wheels (COW) juga disiagakan di berbagai lokasi tertentu untuk mendukung tambahan kebutuhan koneksi internet, sehingga tidak ada gangguan layanan yang terjadi selama libur Hari Raya Idulfitri.

Sepanjang momen Idulfitri, 3 Indonesia mencatat kenaikan lalu lintas data tertinggi terdapat di wilayah Jawa Barat, yaitu Tasikmalaya dan Cirebon yang mengalami kenaikan sebesar 30%.

Diikuti Jawa Tengah yang menjadi wilayah kedua dengan kenaikan data tertinggi ada di kota Purwokerto yang juga naik hampir 30%. Di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, kenaikan tertinggi terdapat di kota Padang, Pontianak dan Makassar.

Selain itu, 3 Indonesia mencatat kenaikan aplikasi mobile games seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends yang naik sekitar 90% hingga 150%.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini