Ini Link Live Streaming Lihat Gerhana Bulan Total Nanti Malam

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 26 Mei 2021 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 16 2415646 link-live-streaming-lihat-gerhana-bulan-total-malam-ini-xIUrs8ONpW.jpg Ilustrasi gerhana bulan total. (Foto: NASA)

GERHANA bulan total (GBT) atau Super-Blood Moon atau bulan merah super akan menghiasi langit Indonesia pada malam ini, Rabu 26 Mei 2021. Tidak hanya bisa menyaksikan langsung, Anda juga boleh melihat lebih dekat keindahan GBT melalui live streaming yang disiarkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Gerhana bulan total terjadi saat bulan di Perigee (bulan berada di jarak terdekat dengan Planet Bumi). Lebih detailnya, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana bulan total terjadi saat posisi matahari-Bumi-bulan sejajar.

Baca juga: Nanti Malam Jangan Lupa Lihat Gerhana Bulan Total, Tidak Perlu Pakai Alat Bantu Optik 

"Itu bisa terjadi saat bulan berada di umbra Bumi yang berakibat saat puncak gerhana bulan total terjadi, bulan akan terlihat berwarna merah (yang biasa dikenal dengan blood moon). Karena posisi bulan ada di Perigee, maka bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa dan ini yang disebut dengan super-moon," jelas LAPAN dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut LAPAN menerangkan bahwa Super-Blood Moon yang akan terjadi malam ini dengan lebar sudutnya akan lebih besar 13,77 persen bila dibandingkan ketika berada di titik terjauhnya (apoge). Kecerlangannya juga 15,6 persen lebih terang dari rerata dan 29,1 persen lebih terang dibandingkan ketika apoge.

Gerhana bulan. (Foto: Daily Express)

"Gerhana bulan total kali ini bertepatan dengan detik-detik Waisak, yakni pada 15 Suklapaksa (paroterang) Waisaka 2565 Era Buddha yang jatuh pada 26 Mei 2021 pukul 18.31.30 WIB dengan jarak 357.461 kilometer dari Bumi," tambah LAPAN.

Untuk Anda yang mau menyaksikan gerhana bulan total malam ini secara live streaming, link yang bisa diakses antara lain https://www.bmkg.go.id/gbt atau melalui kanal YouTube LAPAN RI yaitu bit.ly/youtubeLAPAN dan LAPAN di beberapa daerah mulai pukul 15.45 WIB.

Baca juga: 6 Fakta Pengaruh Gerhana Bulan terhadap Kesehatan Manusia 

LAPAN daerah yang menayangkan proses gerhana bulan total pada Rabu 26 Mei 2021 di antaranya:

- Balai LAPAN Biak http://bit.ly/youtubeLAPANbiak

- LAPAN Kupang http://bit.ly/youtubeLAPANkupang

- SBPJP LAPAN http://bit.ly/youtubeLAPANparepare

- LAPAN Pasuruan http://bit.ly/youtubeLAPANpasuruan

- LAPAN Garut http://bit.ly/youtubeLAPANgarut

- LAPAN Sumedang http://bit.ly/youtubeLAPANsumedang

- Pusat Sains Antariksa LAPAN http://bit.ly/youtubeLAPANpussainsa

- BPAA Pontianak http://bit.ly/youtubeLAPANpontianak

- LAPAN Agam http://bit.ly/youtubeLAPANagam

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini