5 Lokasi Terbaik Menyaksikan Gerhana Bulan Total di Jakarta dan Sekitarnya

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 26 Mei 2021 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 16 2415730 5-lokasi-terbaik-menyaksikan-gerhana-bulan-total-di-jakarta-dan-sekitarnya-da8EqitORe.jpg Ilustrasi menyaksikan gerhana bulan total. (Foto: Reuters)

LANGIT wilayah Indonesia pada hari ini akan dapat terlihat fenomena alam langka gerhana bulan total (GBT) atau Super-Blood Moon. Kejadian yang sangat spesial ini pasti menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Disebut sebagai Super-Blood Moon karena ini merupakan peristiwa di mana bulan berada di jarak terdekatnya dengan Planet Bumi. Puncak gerhana bulan total ini akan terjadi pada pukul 18.18.43 WIB atau 19.18.43 Wita atau 20.18.43 WIT dengan jarak 357.464 kilometer dari Bumi.

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Kemunculan hingga Puncak Gerhana Bulan Total Nanti Malam 

Sementara durasi fase total gerhana bulan kali ini yaitu 14 menit 30 detik. Fenomena ini juga aman disaksikan dengan mata telanjang dan tanpa harus menggunakan kacamata khusus gerhana.

Di kawasan Jabodetabek, banyak tempat terbaik untuk melihat fenomena-Super Blood Moon. Nah, di mana saja? berikut daftarnya, seperti MNC Portal rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/5/2021).

Gerhana bulan. (Foto: Wirestock/Freepik)

1. Pantai Ancol

Lokasi menarik pertama untuk menyaksikan gerhana bulan total adalah Pantai Ancol di Jakarta Utara. Pasalnya, pinggir pantai merupakan tempat terbuka yang bagus untuk melihat fenomena Super-Blood Moon ini.

2. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah lokasi yang tidak kalah menarik untuk menyaksikan fenomena alam sangat langka ini. Tempat ini biasa dijadikan titik terbaik di Ibu Kota untuk mengamati gerhana bulan total.

Baca juga: Gerhana Bulan Total Boleh Dilihat dengan Mata Telanjang? 

3. Situ Babakan

Tempat terbaik berikutnya tidak jauh dari Jakarta dan Kota Depok. Lokasi itu dalah Situ Babakan yang berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan, dekat dengan Depok. Sebelumnya pada 2018, tempat ini dijadikan sebagai pergelaran nonton bareng (nobar) fenomena gerhana bulan.

4. Atap hotel atau kafe

Dikarenakan dapat dilihat dengan mata telanjang, Anda juga bisa menyaksikan fenomena gerhana bulan total ini di atap hotel atau kafe. Tanpa memerlukan alat, Anda dapat menikmati momen spesial tersebut bersama keluarga.

Baca juga: Ini Link Live Streaming Lihat Gerhana Bulan Total Nanti Malam 

5. Di rumah saja

Beberapa lokasi di Jakarta yang kerap dijadikan tempat pengamatan fenomena alam ini ditutup bagi umum demi menghindari persebaran covid-19. Termasuk Planetarium Jakarta yang masih tahap revitalisasi sehingga belum dibuka untuk umum.

Sebagai gantinya, Anda bisa menyaksikan fenomena spesial ini di rumah saja dengan menyaksikan kanal YouTube Planetarium dan Observatorium Jakarta pada pukul 15.45 hingga 21.30 WIB.

Kanal ini akan memuat observasi virtual gerhana bulan total dari 20 lokasi di Indonesia lho. Di antaranya adalah Banda Aceh, Kupang, Biak, Pamekasan, Lumajang, Banyuwangi, Surakarta, Yogyakarta, Lampung, Jakarta, dan Surabaya.

Gerhana bulan. (Foto: NASA)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini