Menkominfo: Jangan Lupa Siapkan Roadmap Memadai bagi Jaringan 5G

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 16 2416729 menkominfo-jangan-lupa-siapkan-roadmap-memadai-bagi-jaringan-5g-f2vxSTfo25.jpg Jaringan 5G (Foto: Sub 6 GHZ)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate melihat ada potensi besar dari komersialisasi 5G karena meningkatkan efisiensi di level pelanggan.

Hal ini ia sampaikan saat peluncuran jaringan 5G Telkomsel. Menurutnya, penyelenggara layanan telekomunikasi atau operator seluler perlu menyiapkan peta jalan (roadmap) yang memadai.

 Menkominfo Johnny G Plate

"Efisiensi bagi pelanggan tidak saja secara komersial tapi secara teknologi, karena kecepatannya, manfaatnya itu begitu banyak," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (28/5/2021).

Johnny mengapresiasi peresmian 5G Telkomsel termasuk rencana pergelaran operasi komersial di wilayah Jabotabek dan kota besar lain. Namun, ia mengingatkan implementasi operasi komersial membutuhkan kerja sama ekosistem, baik kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota hingga pemerintah desa.

“Serta ekosistem industri untuk memastikan pembangunan teknologi 5G berlangsung dengan lancar. Jangan lupa untuk menyiapkan roadmap yang memadai, karena tidak mudah juga untuk menempatkan microcell di kota besar,” ungkapnya.

Menkominfo juga mengharapkan pemberian lisensi penyelenggaraan 5G kepada Telkomsel dapat memberikan efek berganda atau multiplier effect terhadap ekonomi nasional.

Ia juga berharap penyelenggara telekomunikasi juga memperhatikan penggunaan komponen dalam negeri atau Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Dorong dan rangsang investasi di sektor komponen, dorong dan rangsang investasi infrastruktur yang harus bisa kita hasilkan di dalam negeri, sehingga manfaat optimal dan maksimal bisa kita peroleh. Untuk itulah, penggelaran 5G ini dilakukan," tandasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini