Ingin Vlogging dan Podcast? Ini 4 Aplikasi Perekam Suara yang Bisa Anda Coba

Wahyu Sibarani, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 16 2416807 ingin-vlogging-dan-podcast-ini-4-aplikasi-perekam-suara-yang-bisa-anda-coba-NactKy3NVR.jpg Vlogging (Foto: Emarketing institute)

Smartphone merupakan salah satu barang paling penting saat ini. Hampir setiap orang pasti memiliki smartphone, baik untuk sekedar berkomunikasi maupun bekerja.

Sejatinya, smartphone memiliki fitur bawaan yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Mulai dari kamera, kalkulator hingga perekam suara. Hanya saja banyak dari fitur perekam suara bawaan ponsel pintar itu tidak terlalu maksimal jika digunakan.

 Vlogging

Kebanyakan fitur perekam suara itu hanya bekerja seadanya yakni merekam suara. Terkadang bahkan tidak akan maksimal ketika digunakan karena memang dibuat hanya untuk merekam suara dalam kondisi ideal.

Aplikasi perekam suara saat ini juga semakin dibutuhkan karena memang semakin banyak masyarakat yang keranjingan vlogging dan  podcast. Untuk mendukung hobi baru itu memang dibutuhkan sistem perekam suara yang baik.

Hanya saja jika terhalang dana, tidak ada salahnya memanfaatkan gawai Anda yang memang bisa mengunduh aplikasi perekam suara guna memanfaatkan mikrofon yang ada di ponsel pintar.

Dari situ tidak heran jika saat ini banyak bertebaran aplikasi perekam suara yang menawarkan banyak kelebihan. Berikut ini beberapa aplikasi perekam suara yang memiliki banyak kelebihan yang sangat menarik bagi penggunanya.

1. Smart Voice Recorder

Smart voice recorder merupakan aplikasi perekam suara dengan interface yang sangat bersih. Cara penggunaannya pun sangat mudah karena memang hanya menekan tombol sudah bisa langsung merekam. Fitur menarik lainnya di aplikasi ini adalah Boosting yang membuat kualitas rekaman suara jadi lebih baik. Silence Skipper juga membuat audio terekam jadi lebih padat. Ada juga fitur penghematan baterai sehingga saat merekam baterai ponsel pintar tidak terkuras habis.

 

2. ASR Recorder

Aplikasi ini adalah aplikasi perekam suara yang sangat sederhana hanya saja dilengkapi dengan fitur perekam tambahan yang cukup advance. Salah satu yang menarik adalah menentukan jenis audio yang akan direkam. Pengguna tinggal memilih apakah audio yang terekam disimpan dalam bentuk MP3, WAV, WAV HQ, FLAC dan sebagainya.

Aplikasi perekam ini juga memungkinkan penggunanya memaksimalkan penyimpanan secara cloud. Satu lagi, perekam ini adaptif terhadap sistem one push button. Jadi Anda bisa menaruh ikon aplikasi ini di interface depan smartphone Anda. Cukup dengan satu sentuhan tombol di ikon itu maka fitur perekam langsung bekerja.

3. Titanium Voice Recorder

Suka jengkel karena ingin merekam suara tapi iklan selalu lewat mengganggu di aplikasi? sekarang saatnya Anda beralih menggunakan Titanium Voice Recorder. Dengan aplikasi ini, Anda bisa merekam dengan codec audio bila perlu.

Bahkan, aplikasi perekam suara terbaik di Android ini juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan rekaman suara yang berkualitas HD dengan konfigurasi 16-bit ataupun 8-bit.Baca juga : Keren, Bugatti Edisi Spesial Adu Kencang dengan Pesawat Jet Incaran Prabowo

Ditambah lagi dengan interface yang sederhana serta fitur rekaman standar, sehingga aplikasi ini jadi salah satu aplikasi populer yang banyak diunduh pengguna Android. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara cuma-cuma hanya dengan mengunduhnya dari play store.

4. RecForge II

Punya rencana merekam suara untuk diunggah ke Soundcloud? Untuk itu Anda perlu menggunakan aplikasi perekam suara RecForge II ini. Aplikasi yang satu ini memiliki kemampuan rekam suara serta fitur yang jauh lebih dalam. Hal ini karena memang RecForge II dirancang secara khusus untuk membuat rekaman audio berkualitas, seperti dalam proses rekaman audio musik.

Antarmuka yang ada di aplikasi ini memiliki banyak warna, disertai juga dengan fitur yang mampu membuat jadwal rekaman. Uniknya lagi, aplikasi ini pun juga sudah dibekali dengan lusinan codec audio. Untuk menikmati beragam fiturnya, Anda bisa mengunduhnya langsung di play stoter secara gratis. Namun, jika Anda ingin fitur yang lebih banyak, maka Anda bisa memilih versi berbayarnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini