vivo Siapkan Smartphone dengan Jaringan Cepat 5G

Karina Asta Widara , Jurnalis · Sabtu 29 Mei 2021 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 29 16 2417218 vivo-siapkan-smartphone-dengan-jaringan-cepat-5g-NvzpZKK9o6.jpg Foto: Dok vivo Indonesia

JAKARTA- Indonesia sudah bersiap untuk memasuki era 5G dengan diluncurkannya Jaringan Hyper 5G Telkomsel. Kehadiran layanan 5G ini tentu saja disambut positif oleh vivo sebagai salah satu pionir teknologi 5G global, sekaligus mitra perangkat teknologi Telkomsel untuk lebih dekat menghadirkan kenyamanan dan jaringan cepat 5G kepada konsumen vivo di Indonesia.

Denny Galant, selaku Product and Marketing Strategy Director vivo Indonesia mengatakan menjadi suatu kebanggaan bagi vivo Indonesia yang menjadi bagian dari peluncuran 5G perdana saat ini di Indonesia oleh Telkomsel.

"Sebagai salah satu pionir dalam teknologi 5G di industri teknologi global, tersedianya jaringan 5G di Indonesia merupakan salah satu transformasi digital yang banyak dinantikan bukan hanya oleh konsumen, namun juga bagi kami sebagai penyedia perangkat 5G," kata Denny.

Mengenal Apa itu 5G

5G atau Fifth Generation (generasi kelima) merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G.

Adapun keunggulan 5G ini antara lain, memiliki transfer data dari satu telepon ke telepon lain dengan kecepatan satu mili detik dan dapat terkoneksi dengan alat seperti telepon, mobil, dan peralatan rumah tangga lainnya. Sehingga, jaringan 5G diharapkan hampir 100 kali lebih cepat dari 4G.

Dengan kecepatan yang lebih tinggi inilah jaringan 5G dipercaya akan memperluas ekosistem seluler ke ranah baru yang tentunya juga akan memengaruhi setiap industri serta memberikan pengalaman baru dan dampak positif bagi para pengguna teknologi.

Ponsel vivo Terbaru Kuat Tangkap Sinyal 5G

Di sepanjang 2021 lalu, vivo sendiri telah meluncurkan dua rangkaian produk 5G Ready atau mendukung jaringan 5G yaitu vivo X60 pro, vivo X60 dan vivo V21 Series yang baru saja diperkenalkan pada akhir Mei.

Seri smartphone tersebut telah mendukung jaringan 5G, termasuk band 40 di rentang frekuensi 2300 MHz yang digunakan oleh Telkomsel. Sehingga nantinya koneksi 5G akan lebih cepat dan lebih stabil.

“Bukan hanya dari aspek chipset, kami memastikan spesifikasi lainnya pada vivo X60 Series dan vivo V21 5G seperti antena, software, juga sudah mampu terkoneksi dengan jaringan 5G dan memberikan pengalaman yang terbaik," ucapnya

BACA JUGA: Deretan Smartphone 5G di Indonesia, Ada yang Cukup Murah Lho!

Seri X60 dan V21

 Pada April 2021 vivo meluncurkan seri flagship vivo X60 dan vivo X60 Pro yang disokong dengan chipset Qualcomm SD 870 5G SoC.

Chipset ini memungkinkan konektivitas 5G ini memiliki kecepatan hingga 7,5 Gbps, dengan aksesibilitas luas serta dukungan untuk mmWave, Sub-6 GHz, TDD, FDD, dan Dynamic Spectrum Sharing (DSS).

Seri X60 mengintegrasikan vivo ZEISS Co-engineered Imaging System, menghadirkan kualitas ZEISS Imaging ke smartphone dan, membuat fungsi fotografi X60 lebih bertenaga dan menambahkan tampilan ZEISS yang terkenal ke gambar Anda.

Smartphone perdana vivo hasil kolaborasi bersama ZEISS ini pun bersiap menjadi salah satu smartphone 5G Ready perdana vivo di Indonesia pada tahun ini.

Tak hanya itu saja, pencapaian ini kemudian disusul dengan peluncuran V Series terbaru pada bulan ini, yaitu vivo V21 5G yang bukan hanya 5G Ready dengan System-on-Chip Mediatek Dimensity 800U, namun juga mengusung desain revolusioner sebagai smartphone 5G tertipis di Indonesia.

Namun, Bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin menikmati layanan 5G ini, pihak vivo mengatakan bahwa pengguna harus melakukan pembaruan (update) terlebih dahulu dan mengikuti prosedur pemakaian yang diberikan.


Enam Titik Residensial di Jakarta, Penerima Jaringan 5G Pertama

Menjadi salah satu mitra, vivo secara berkesinambungan mendukung Telkomsel dalam penyediaan perangkat untuk uji coba jaringan serta berpartisipasi dalam rangkaian roadshow yang rencananya akan dilakukan beberapa waktu kedepan.

Telkomsel menempatkan enam titik residensial di Jakarta sebagai penerima jaringan 5G pertama yaitu Alam Sutera, Bumi Serpong Damai, Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, dan Widya Chandra.

Rencananya, Setelah pelaksanaan di enam titik tersebut, Telkomsel akan memperluas layanan ke kota besar lainnya di Indonesia, yaitu Batam, Bandung, Denpasar, Makassar, Medan, Solo, dan Surabaya.

“Kami berupaya memastikan saat smartphone 5G kami digunakan oleh konsumen di lokasi yang telah tersedia layanan 5G, smartphone kami harus memenuhi standar tertentu sebagaimana sebelum suatu fitur kami rilis. Pada tahap awal ini, kami akan lebih lanjut mengkomunikasikan langkah-langkah penyesuaian dan pemakaiannya kepada konsumen," tuturnya.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini