Cara Menghindari Impulsive Buying di Platform Belanja Online

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 16 2418403 cara-menghindari-impulsive-buying-di-platform-belanja-online-PO9DxgkE4a.jpg Belanja online (Foto: Alpha F1)

Rupanya hadirnya beragam platform belanja online memang memudahkan kehidupan. Bayangkan saja, semua kebutuhan dijual dan bisa dibeli hanya dengan satu kali klik.

Berbelanja kini tak perlu lagi repot datang ke toko fisik dan hanya tinggal menunggu paket dikirim ke rumah. Belum lagi banyaknya diskon atau promosi yang ditawarkan.

 belanja online

Namun di satu sisi belanja online menimbulkan kebiasaan lain yakni impulsive buying atau dorongan membeli barang yang tidak direncanakan.

Seringkali impulsive buying didorong karena adanya diskon atau promosi tanpa memikirkan fungsi barang tersebut.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui akun Instagramnya membagikan tips untuk mencegah impulsive buying secara online.

1. Batasi akses terhadap e-commerce. Hapus aplikasi bila sedang tidak diperlukan.

2. Hindari melihat barang yang tidak dibutuhkan di media sosial, karena kamu bisa mendapatkan iklan produk tersebut secara terus menerus bila melihatnya.

3. Bila tertarik pada suatu barang, jangan langsung membayarnya.

4. Tempatkan barang yang diinginkan pada keranjang belanja selama beberapa waktu. Bila masih memiiki ketertarikan maka kamu memang benar-benar membutuhkannya.

5. Hindari belanja saat sedang stress hanya demi menyenangkan diri sesaat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini