SpaceX Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa Dragon, Ini Isi Muatannya

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 03 Juni 2021 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 16 2419422 spacex-luncurkan-pesawat-ruang-angkasa-dragon-ini-isi-muatannya-5l2f7xbWtF.jpg Dragon (Foto: Twitter)

SpaceX kali ini melaksanakan misi menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Misi ini sebagai bagian dari kontrak Layanan Pasokan Komersial (CRS-22) kedua NASA.

Seperti dilansir dari Tasmanian, pesawat ruang angkasa Dragon milik SpaceX memuat sekitar 7.300 pon kargo. Isinya bahan penting yang secara langsung akan mendukung lebih dari 250 investigasi sains dan penelitian selama Ekspedisi 65 dan Ekspedisi 66.

 Dragon

Di dalam bagasi pesawat ruang angkasa Dragon yang tidak bertekanan, ada tiga pasang alat untuk meningkatkan kapasitas daya Stasiun Luar Angkasa.

Sedangkan beberapa kargo di dalam kabin bertekanan di dalam Dragon meliputi bahan dan peralatan sains yang sensitif untuk melakukan penelitian sains, persediaan yang dibutuhkan untuk para awak kabin, dan bahkan makhluk kecil yang akan melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Makhluk-makhluk yang dibawa ke luar angkasa antara lain tardigrade alias beruang air dan cumi-cumi bobtail, yang penting bagi penelitian ilmiah.

Tardigrade akan digunakan untuk mempelajari bagaimana makhluk tersebut dapat bertahan hidup dalam kondisi ekstrim. Ini memberikan pengetahuan tentang bagaimana Tardigrade beradaptasi dengan lingkungan yang kasar dan berat. Memungkinkan para ilmuwan untuk memperoleh wawasan tentang apa yang memengaruhi biologi manusia di luar angkasa dan bagaimana hewan dan manusia dapat beradaptasi di luar angkasa.

Sedangkan cumi-cumi bobtail adalah bagian dari proyek penelitian yang akan meneliti efek perjalanan ke luar angkasa pada interaksi molekuler dan kimia antara mikroba yang menguntungkan dan hewan inangnya.

Pesawat ruang angkasa Falcon 9 dan Dragon siap lepas landas pada Kamis, 3 Juni 2021 dari tempat peluncuran di Pad-39A. Pesawat ruang angkasa tanpa awak tersebut akan beroperasi secara mandiri.

Dragon juga dijadwalkan tiba di ISS pada hari Sabtu, 5 Juni dan berlabuh ke modul Harmoni Stasiun Luar Angkasa pada pukul 5:00 Pagi.

Astronot NASA Megan McArthur dan Shane Kimbrough bersiap untuk menerima kedatangan pesawat ruang angkasa Dragon. Mereka akan memantau Dragon dan memastikan mendekati stasiun dengan aman.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini