Ini Dia 5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Vlogger Pemula

Antara, Jurnalis · Sabtu 05 Juni 2021 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 05 16 2420573 ini-dia-5-kesalahan-yang-kerap-dilakukan-vlogger-pemula-cP7vfW5Toi.jpg Ilustrasi vlogger. (Foto: Freepik)

DI masa yang makin modern ini, salah satu profesi yang mulai banyak digeluti adalah menjadi vlogger. Menjadi vlogger profesional kian diminati, apalagi kini banyak orang yang melalui waktunya dengan menonton video di media sosial dan sebagainya.

Tapi sayangnya, banyak vlogger pemula masih melakukan beberapa kesalahan. Ini harus dihindari supaya hasil karya yang akan datang menjadi lebih baik.

Vlogger Edho Zell dan pengulas gawai Dedy Irvan pun mengungkap apa saja kesalahan itu, dan cara mengatasinya, demi menjadi content creator professional.

Apa saja? Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (5/6/2021).

Baca juga: Tanpa Watermark, Ini Daftar Aplikasi Edit Video Gratis 

1. Instan

Terkadang kreator lupa bahwa berkarya, dalam bidang apa pun, butuh ketekunan dan kesabaran agar hasilnya maksimal. Begitu banyak yang harus diperhatikan dalam sebuah konten vlog, seperti visual audio, pemilihan topik, sampai cara menyampaikan isi konten.

Nikmati proses pembuatan konten, jangan tergoda untuk mengambil jalan pintas seperti membeli pengikut, pelanggan, dan "like". Cara ini akan berdampak buruk pada jangka panjang, yaitu audiens berkurang drastis karena pengikut bukan orang menanti karya sang kreator.

Vlog. (Foto: Drobotdean/Freepik)

2. Tidak memikirkan audiens target

Menentukan siapa yang akan menonton konten merupakan hal yang penting, kreator harus memahami sudut pandang audiens, kebutuhan dan konten seperti apa yang mereka cari dan tonton. Ikuti tren dan pelajari audiens sebelum membuat konten.

Baca juga: 4 Aksesori Ponsel untuk Menunjang Aktivitas Vlog, Apa Saja? 

3. Tidak membuat perencanaan konten

Tanpa perencanaan konten, atau content planning, kreator akan sulit menyusun konten untuk mendapat audiens baru dan mempertahankan audiens lama.

Perencanaan konten termasuk menentukan konten seperti apa yang ingin dibuat, konten akan ditayangkan di platform mana dan kapan konten akan diunggah.

4. Tidak tahu algoritma YouTube

Banyak vlogger pemula yang tidak memahami algoritma YouTube ketika membuat konten. Akibatnya hanya sedikit yang menonton video, motivasi vlogger untuk membuat konten juga bisa turun.

Pelajari algoritma dasar YouTube untuk mengetahui bagaimana video bisa muncul di halaman awal, halaman rekomendasi atau hasil pencarian.

Baca juga: Lama Jadi Misteri, Terungkap Penyebab Kotoran Wombat Berbentuk Kubus 

5. Terlalu fokus pada visual

Konten yang menarik tidak semata dilihat dari visual, namun juga dipengaruhi kualitas audio dan intensitas mengunggah konten. Kuasai cara menggunakan perangkat yang digunakan untuk membuat konten, kreator tidak melulu harus mengandalkan perangkat yang mahal untuk menghasilkan gambar yang bagus.

Vlog. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini