Ini Jadwal Gerhana Matahari Cincin Bisa Disaksikan di Indonesia

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 16 2423025 ini-jadwal-gerhana-matahari-cincin-bisa-disaksikan-di-indonesia-jPQRUG5DEO.jpg Gerhana matahari (Foto: The denver post)

PADA Kamis 10 Juni 2021 berbagai wilayah lain di bumi mendapatkan keberuntungan untuk menyaksikan gerhana matahari secara langsung. Sedangkan Indonesia tidak kebagian menyaksikan gerhana matahari.

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Gerhana Matahari Cincin memang tidak bisa diamati dari Indonesia.

Namun, hanya bisa diamati dari wilayah Kutub Utara dan sekitarnya seperti di Siberia. Selain Siberia, Inggris juga bisa menyaksikan gerhana matahari.

 gerhana matahari

"Gerhana matahari cincin tidak dapat diamati dari Indonesia, hanya bisa diamati dari wilayah di sekitar kutub utara," kata Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan Emanuel Sungging Mumpuni seperti dikutip dari Antara.

Nah, Indonesia nanti akan bisa menyaksikan gerhana matahari cincin (GMC) lagi, dalam jangka waktu 10 tahun yang akan datang.

Menurut BMKG, gerhana matahari cincin akan bisa disaksikan di Indonesia pada 21 Mei 2031. Gerhana ini bisa dilihat di Kalimantan, Sulawesi, Maluku.

Gerhana matahari cincin juga diprediksi terjadi lagi pada 14 Oktober 2042. Gerhana matahari cincin ini bisa disaksikan di Sulawesi, Kalimantan, dan NTT. Ya semoga saja kita masih punya umur untuk menyaksikannya ya!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini