Penjual Online Shop Waspadalah! Ini 3 Jenis Penipuan Oknum Konsumen

Danang Arradian, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 16 2425564 penjual-online-shop-waspadalah-ini-3-jenis-penipuan-oknum-konsumen-pzvjb2GsFv.jpg Online shop (Foto: India retailing)

RUPANYA penipuan di online shop cukup marak. Banyak penjual online shop sudah menjadi korbannya, makanya mereka harus lebih berhati-hati.

Menurut laporan Patroli Siber tentang penipuan di online shop, dari Januari 2019 hingga Januari 2020, tercatat 1.617 laporan penipuan online.

Penipuan terjadi di berbagai platform digital. Instagram menempati urutan pertama dengan 573 kasus.

 online shop

Sedangkan Whatsapp berada di urutan kedua dengan 479 kasus. Hal ini menunjukkan rawannya keamanan transaksi di platform digital.

Beberapa kasus yang telah ditemukan antara lain barang sudah dikirim, namun ternyata konsumen tidak membayar produk yang dibelinya. Akibatnya penjual jadi tertipu dan merugi.

Oleh karena itu, penjual harus berhati-hati dan waspada dengan berbagai celah penipuan yang dilakukan oleh oknum konsumen.

Menurut penyedia layanan payment gateway di Indonesia Xendit, calon konsumen maupun penjual perlu mengamati dengan detail seberapa jauh keamanan transaksi dalam bisnis online. Nah, berikut ini berbagai jenis penipuan online shop yang dilakukan oknum konsumen yang sering terjadi.

 

1. Bukti Transaksi Palsu

Saat ini yang sedang marak adalah bukti transaksi palsu. Oknum konsumen tidak melakukan transaksi, namun hanya mengedit bukti transaksi. Bagi penjual online shop yang tidak waspada maka mudah terkecoh. Ketika produk sudah dikirim penjual, ternyata baru mengecek rekening dan tidak ada uang masuk oleh konsumen. Alhasil penjual ditipu oknum konsumen!

2. Penipuan Uang Muka

Bagi penjual, pastikan konsumen benar-benar membayar uang muka atau down payment. Sering kali, mereka mengatakan telah membayar, tetapi setelah dicek, ternyata tidak melakukan transaksi. Penggunaan payment gateway penting agar keamanan transaksi bisnis terjaga.

3. Penipuan Identitas

Identitas adalah bagian berharga dari diri seseorang. Oleh karena itu, identitas perlu dijaga dengan baik. Akan tetapi, siapa yang menyangka bahwa identitas bisa dipinjamkan bahkan dicuri? Bahkan kegunaannya untuk bertransaksi secara online.

Hal seperti inilah yang harus diwaspadai. Ada banyak orang yang memanfaatkan data diri seseorang untuk bertransaksi dan melakukan penipuan!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini