Pernah Jadi Pemulung, Kisah Montir Bengkel Jadi YouTuber Berpenghasilan Ratusan Juta

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 16 2425634 pernah-jadi-pemulung-kisah-montir-bengkel-jadi-youtuber-berpenghasilan-ratusan-juta-wH8GeJEnCl.jpg Siboen di bengkelnya (Foto: Youtube Siboen)

SIBOEN  yang memiliki nama asli Siswanto terlahir dari keluarga yang memiliki keterbatasan ekonomi. Bahkan saking kekurangannya, Siboen hanya lulusan SD.

Namun kesusahan hidupnya malah menempanya menjadi seseorang yang memiliki jiwa pengusaha. Ia pernah jadi pemulung, pernah bertani, hingga jualan makanan. Namun hal yang nyata, ia konsisten bekerja keras.

 Ijazah SD Siboen

Pada tahun 2004, ia bertemu dengan jodohnya dan menikah pada 2005. Ia berusaha keras membangun keluarga dan dianugerahi anak kembar. Senyum anak-anak dan istrinya selalu menjadi motivasinya untuk terus bekerja keras. Ia membuka bengkel.

Supaya laku, ia membuat tulisan tangan: Menerima servis sepeda motor, servis kompor. "Lalu saya fotokopi dan ditempel tempat ramai," ujar Siboen dalam channel Youtube Siboen.

Kemudian, saat YouTube mulai hadir, ia juga menjajal keberuntungan dengan membuat berbagai macam konten YouTube yang ternyata sukses meledak dan disukai netizen Indonesia. Ia memiliki 1,22 juta subscribers dan sekitar 2.000 konten video di YouTube.

 Channel Siboen Natural

Hingga saat ini, meski Siboen sudah sukses menjadi YouTuber dan berpenghasilan ratusan juta, ia tetap jadi montir bengkel di Kampung YouTuber di Desa Kasegeran, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas

Channel YouTube Siboen antara lain Siboen Misteri, Siboen Natural. Ia juga punya channel Youtube yang isinya berbagai kegiatan bengkel. Saat membuat konten Youtube ia memakai ponsen dan tripod. Bahkan saat memancing, ia membawa tripod untuk membuat konten mancing ikan di Siboen Natural.

Memang bahasanya yang medok dan penuh kesederhanaan membuatnya disukai netizen. Namun siapa sangka penghasilannya ratusan juta.

"Kalau soal penghasilan ya, sebenarnya kan saya cuma manut dari YouTube-nya saja," ujarnya tertawa dalam kesederhanaan. (DRM)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini