Target Terbang SpaceX ke Mars pada Juli 2021 Sulit Tercapai, Ini Penyebabnya

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 16 2426930 target-terbang-spacex-ke-mars-pada-juli-2021-sulit-tercapai-ini-penyebabnya-zBTG7zDKdW.jpg Pesawat luar angkasa Starship SpaceX. (Foto: Neowin)

SPACEX telah menargetkan uji coba peluncuran perdana roketnya ke Mars pada Juli mendatang. Ini akan menjadi penerbangan orbital pertama dari sistem Starship raksasa yang akan menjadi kendaraan peluncuran paling kuat yang pernah dibuat.

Perusahaan milik Elon Mask itu berharap bisa membawa manusia ke Planet Mars. Tetapi sepertinya target SpaceX di bulan Juli sulit tercapai.

Baca juga: SpaceX Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa Dragon, Ini Isi Muatannya 

Seperti dilansir laman cnn.com, operasi peluncuran Starship SpaceX masih proses penilaian lingkungan, sehingga bergantung pada hasil tersebut.

Mungkin juga diperlukan peninjauan yang lebih rinci, dan berujung pada pembaruan Pernyataan Dampak Lingkungan.

Planet Mars. (Foto: NASA/JPL-Caltech/Science Alert)

Setelah proses tersebut selesai, Administrasi Penerbangan Federal baru dapat melanjutkan untuk memberi lisensi kemungkinan peluncuran Starship orbital.

Menurut sumber yang mengetahui proses perizinan, peninjauan dan persetujuan sulit rampung pada awal Juli 2021. Artinya, supaya SpaceX tetap mematuhi aturan federal, kemungkinan harus menunda tanggal peluncurannya.

Baca juga: Kemarin, SpaceX Kirim Astronot ke ISS hingga "Conjuring 3" Rilis Teaser 

Sejauh ini perusahaan hanya menerbangkan berbagai prototipe, sebagai awal pengujian pesawat luar angkasa Starship. Tes-tes itu semuanya merupakan uji "lompatan" berkecepatan relatif rendah.

Dalam tes tersebut, Roket SpaceX mampu terbang beberapa mil ke udara sebelum coba mendarat dengan tegak. Hanya satu pendaratan dari lima uji penerbangan yang berhasil sampai saat ini.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini