Penyebab Miringnya Inti Bumi di Bawah Laut Banda Terungkap

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 16 2427165 penyebab-miringnya-inti-bumi-di-bawah-laut-banda-terungkap-GL1HbBbR6R.jpg Inti bumi (Foto: Florida state university)

PARA ilmuwan menemukan bahwa inti bumi tumbuh miring. Inti bumi yang tumbuh miring itu ditemukan di bawah Indonesia, lokasinya di Laut Banda, Indonesia.

Menurut penemuan Seismolog di University of California Berkeley, Barbara Romanowicz, inti besi padat bumi rupanya tumbuh lebih cepat di bawah Laut Banda, Indonesia.

 inti bumi

Menurut Barbara, inti besi padat bumi tersebut rupanya mengalami pendinginan yang lebih cepat daripada inti bumi yang ada di bawah Brasil. Semakin cepat pendinginan inti besi padat bumi maka semakin cepat kristalisasi besi terjadi. Akibatnya semakin cepat pertumbuhan inti besi padat bumi.

Seperti dikutip dari The Independent, rupanya hal ini sudah terjadi sejak 500 tahun lalu. Namun memang belum diketahui mengapa proses pendinginan terjadi dengan cepat Indonesia.

"Hal yang kami ketahui, memang sisi inti besi padat bumi yang satunya tumbuh lebih cepat dibanding dengan sisi yang lain," tambah Seismolog di University of California, Berkeley, Daniel Frost.

Akibat dari peristiwa ini, kristalisasi inti besi padat bumi lebih condong di barat yakni Laut Banda dibanding ke Timur yakni Brasil.

Menurut Daniel Frost, pertumbuhan inti bumi jadi asimetris terjadi karena gelombang seismik bergerak lebih cepat ke arah utara-selatan daripada di sepanjang khatulistiwa. Akibat asimetrinya kristal besi perbedaan pertumbuhan terjadi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini