Viral Video Matahari Terbit dari Utara, LAPAN: Hal yang Wajar

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Sabtu 19 Juni 2021 00:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 16 2427520 viral-video-matahari-terbit-dari-utara-lapan-hal-yang-wajar-482InneQsg.jpg Ilustrasi matahari terbit. (Foto: Lifeforstock/Freepik)

SEBUAH video viral di media sosial berisi rekaman matahari terbit dari utara. Fenomena tersebut direkam di Jeneponto, Sulawesi Selatan; dan diunggah oleh seorang guru dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binanamu Jeneponto pada Kamis 17 Juni 2021.

Terkait beredarnya video viral tersebut, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Negara (LAPAN) Thomas Djamaludin mengatakan fenomena tersebut merupakan hal yang wajar. Ini terjadi karena pergerakan posisi matahari akibat kemiringan sumbu rotasi bumi.

Baca juga: Viral Matahari Terbit dari Utara, Ustadz Ainul Yaqin: Jangan Selalu Dikaitkan dengan Kiamat 

"Pada bulan Juni, posisi matahari berada di belahan utara. Terbitnya bukan di titik timur, tetapi bergeser mendekati timur laut," jelas Thomas saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Jumat 18 Juni 2021.

Kemudian pada tengah hari di bulan Juni, matahari akan berada di arah utara. Nantinya saat terbenam, matahari bukan pada titik barat, tetapi mendekati barat laut.

Baca juga: Viral Matahari Terbit dari Utara, Benarkah Tanda Kiamat? 

"Titik terbit tepat di timur dan terbenam tepat di barat terjadi pada Maret dan September," terangnya.

Lalu pada Desember, titik terbit dekat titik tenggara, tengah hari matahari pada arah selatan, dan terbenam dekat titik barat daya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini