Tips Mencegah Pelecehan Seksual di Media Sosial, Simak Yuk!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 16 2428926 tips-mencegah-pelecehan-seksual-di-media-sosial-simak-yuk-ZiHEaPxnYN.jpg Pelecehan seksual online (Foto: Annapurna Express)

PELECEHAN seksual yang melibatkan publik figur menjadi pembahasan hangat di media sosial belakangan ini. Bukan hanya nama Gofar Hilman yang terseret tetapi hingga Rian D'Masiv.

Dari ramainya kasus pelecehan seksual ini, sejatinya masyarakat dapat memahami bahwa korban pelecehan sekarang tidak hanya memilih diam, melainkan 'speak up' karena itu adalah perlawanan yang terbaik dari perilaku keji tersebut.

Nah, berkaca dari kejadian demi kejadian pelecehan seksual yang banyak terjadi, ada 5 tips sederhana tapi sangat penting dilakukan agar Anda terhindar dari pelecehan seksual di media sosial, berikut di antaranya:

 mengalami pelecehan

1. Hindari berpartisipasi dalam forum atau situs yang memancing cyber harassment

Lebih baik mencegah daripada mengobati, mungkin hal ini adalah kiasan yang paling tepat untuk menggambarkan situasi ini. Lebih baik Anda menghindari atau memblokir situs dan konten yang tidak pantas untuk dibuka apalagi memberikan kesempatan bagi orang untuk mengunggahnya.

2. Beli domain dengan nama Anda dan anak-anak

Hal ini bisa membantu mencegah seseorang melakukan hal buruk seperti pelecehan seksual di dunia maya yang tidak baik terhadap keluarga tersayang. Beberapa domain dapat dibeli dengan relatif murah dari situs-situs seperti GoDaddy.

3. Gunakan Google Alerts

Fitur ini akan memfasilitasi pemberitahuan email yang dikirim setiap Anda atau nama keluarga Anda muncul secara online.

4. Hindari menggunakan jejaring sosial atau forum online sebagai buku harian

Melakukan pembaruan status dan mengunggah cerita tentang kehidupan pribadi Anda membuka peluang bagi orang lain untuk melancarkan niat buruk. Jika Anda benar-benar ingin membagikan sesuatu yang bersifat pribadi, lebih baik dikirimkan melalui pesan pribadi langsung kepada orang yang dituju.

5. Temukan dan hapus informasi pribadi Anda

Beberapa situs seperti Spokeo merupakan pengumpul informasi. Situs ini memudahkan individu untuk mendapatkan informasi yang relatif akurat tentang Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini