Banyak Dapat Protes, Fitur Speed Filter Snapchat Resmi Dihapus

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 18:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 16 2429247 banyak-dapat-protes-fitur-speed-filter-snapchat-resmi-dihapus-RspJGclk4U.jpg Ilustrasi fitur Speed Filter Snapchat. (Foto: Engadget)

SNAPCHAT resmi menghapus fitur Speed Filter atau filter kecepatan di aplikasinya. Filter ini dihapus setelah mendapat banyak protes selama beberapa tahun belakangan.

Speed Filter yang diperkenalkan Snapchat pada 2013 memungkinkan pengguna berbagi seberapa cepat mereka bergerak.

Baca juga: Usai Facebook, Instagram, Twitter, dan Snapchat, Twitch Ikutan Nonaktifkan Channel Trump 

"Tidak ada yang lebih penting daripada keamanan komunitas Snapchat kami, dan kami sebelumnya telah menonaktifkan filter pada kecepatan mengemudi," kata juru bicara Snap, perusahaan induk Snapchat, seperti dikutip dari laman Engadget, Selasa (22/6/2021).

Dikabarkan bahwa filter video ini memang kontroversial, sebab membuat pengguna memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi.

Snapchat.

Pada 2016, seorang remaja mengajukan gugatan terhadap perusahaan setelah menggunakan filter dan menabrak pengemudi lain dengan kecepatan lebih dari 100 mil per jam. Peristiwa ini menimbulkan korban cacat yang membutuhkan perawatan berkelanjutan.

Tiga wanita muda juga meninggal dalam peristiwa serupa di tahun yang sama saat dilaporkan diduga menggunakan Snapchat. Tidak sampai di situ, lima orang lagi meninggal dalam kecelakaan lain karena diduga menggunakan filter Snapchat saat mengemudi.

Baca juga: Snapchat Hadirkan Lens Studio untuk Mac dan Windows 

Setelah kejadian itu, Snap belum menghapus filter tersebut. Sebagai gantinya, mereka memperkenalkan pesan "jangan jepret dan mengemudi" ke filter pada 2016.

Lewat pembaruan ini, filter juga membatasi kecepatan tertinggi di mana filter dapat digunakan hingga 35 mil per jam.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini