Pindahkan Megaroket SLS, NASA Siap Meluncur ke Bulan

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 01:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 16 2429353 pindahkan-megaroket-sls-nasa-siap-meluncur-ke-bulan-GBSghY88rt.jpg Megaroket SLS milik NASA untuk misi ke bulan. (Foto: NASA/Space.com)

NASA selangkah lebih dekat dengan bulan. Hal ini diketahui lewat misi Artemis yang memang dirancang fokus pada eksplorasi ke bulan.

Badan antariksa Amerika Serikat itu telah selesai merakit megaroket Space Launch System (SLS) dan kini akan ditempatkan di platform peluncuran. Megaroket SLS akan bergabung dengan dua pendorong roket yang telah disimpan di High Bay 3.

Baca juga: NASA Umumkan Dua Misi ke "Planet Neraka" Venus, Apa yang Dicari? 

Pada musim panas ini, pesawat luar angkasa Orion akan dipasangkan dengan SLS dan siap diluncurkan dalam uji terbang tanpa awak di akhir 2021 sebagai bagian dari misi Artemis I.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, pejabat agensi mengatakan bahwa penerbangan itu bisa dilakukan pada awal November mendatang.

Megaroket SLS milik NASA untuk misi ke bulan. (Foto: NASA/Space.com)

Misi Artemis I akan berlangsung lebih dari tiga minggu dan membuka jalan bagi Artemis 2 yang akan membawa empat awak mengelilingi bulan pada 2023.

"Ini adalah pertama kalinya unit penerbangan lengkap bersatu," kata Sean Arrieta dari Sistem Tanah Eksplorasi NASA, seperti dikutip dari laman Space, Rabu (23/6/2021).

Baca juga: Ingenuity Ambil Foto Robot NASA Penjelajah Perseverance di Mars 

Di luar itu, NASA berencana mulai mendaratkan astronot di dekat kutub selatan bulan dengan bantuan pendarat bulan yang dikembangkan secara komersial.

Pada bulan April, NASA memilih pendarat pertama –versi SpaceX Starship– untuk mendaratkan kru Artemis pertama di bulan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini