Drone Ini Kirim Obat dan Vaksin Covid-19 di Wilayah Terpencil

Wahyu Budi Santoso, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 16 2430189 drone-ini-kirim-obat-dan-vaksin-covid-19-di-wilayah-terpencil-gBM8dRl2SG.jpg Drone (Foto: Brifly news)

RUPANYA perusahaan penerbangan menerapkan tes pertama pengiriman pasokan jarak jauh menggunakan drone di India. Mereka mau mengirimkan pasokan obat-obatan dan vaksin Covid-19 ke daerah-daerah terpencil memakai drone.

Memang semakin banyaknya penggunaan drone akan mengubah skenario layanan medis di pedalaman India. Apalagi di sana, pelayanan sangat parah, akibat terkendala kondisi jalanan yang parah.

drone

Perusahaan Throttle Aerospace Systems termasuk di antara 20 perusahaan yang diberi izin oleh pemerintah India sejak Mei lalu untuk melakukan uji terbang di luar batas 450 meter yang ditetapkan saat ini.

Dua drone yang satu di antaranya mampu membawa muatan hingga satu kilogram (kg) sejauh 20 kilometer (km) atau hampir satu jam, dan satu lagi yang dapat membawa muatan 2kg sejauh 15 km, telah diuji coba di Karnataka.

"Akhirnya obat-obatan dan vaksin bisa dibawa dengan drone dengan menempuh jarak 2,5 km dalam tujuh menit," kata pendiri Throttle Aerospace Systems Sebastian Anto kepada AFP di lokasi pengujian.

Sebelumnya, Pemerintah India juga membuka tawaran bagi operator drone untuk membantu melaksanakan proyek percontohan pengiriman pasokan medis, dalam upaya untuk meningkatkan upaya imunisasi COVID-19.

Harian Hindu pekan lalu melaporkan Kepala Epidemiologi Dewan Riset Medis India, Samiran Panda, mengatakan teknologi itu dapat membantu upaya imunisasi kelompok prioritas di daerah pedesaan.

"Kita perlu menerapkan vaksinasi cerdas sebagai lawan dari imunisasi massal untuk mengekang pandemi," katanya.

India terlihat tertinggal dalam hal drone dibandingkan dengan negara lain, baik dari segi penggunaan maupun kerangka hukum.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini