Segera Muncul Bulan Purnama Stroberi, Catat Jamnya Yuk!

Lintang Tribuana, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 16 2430274 segera-muncul-bulan-purnama-stroberi-catat-jamnya-yuk-XV4jDTUleO.jpg Bulan purnama stroberi (Foto: Star walk 2)

BULAN purnama stroberi selalu menjadi fenomena menarik untuk disaksikan. Strawberry full moon atau bulan purnama stroberi akan muncul pada Jumat, 25 Juni 2021 dini hari di wilayah Indonesia.

Saat fenomena ini terjadi, bulan akan terletak di belakang bumi bila dilihat dari matahari dan sepenuhnya akan disinari matahari. Saat terjadi, bulan akan berada dalam jarak 395.005 kilometer dari bumi.

 bulan purnama stroberi

Menurut NASA, bulan purnama stroberi menjadi yang terakhir dari serangkaian empat supermoon yang terjadi sejak Maret hingga Juni 2021. Bulan purnama kali ini tak dianggap supermoon karena lebih jauh dari bumi serta lebih kecil dalam ukuran dan kecerahan yang terlihat dari tiga bulan purnama sebelumnya.

Diberi nama bulan purnama stroberi bukan berarti akan berwarna merah seperti buah storberi. Melansir SciTech Daily, julukan itu berasal dari suku Algonquin di Amerika Serikat, karena terjadi pada bulan Juni, bersamaan dengan musim panen stroberi yang relatif singkat di bagian timur laut.

Fenomena ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Dilansir dari akun Instagram Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), puncak fase bulan purnama ini akan terjadi pada 25 Juni pukul 01.39 WIB, 02.39 WITA, dan 03.39 WIT.

Bulan purnama dapat dilihat mulai malam sebelumnya (24 Juni 2021) sebelum terbenam matahari dari arah timur-tenggara. Kemudian berkulminasi keesokan harinya (25 Juni 2021) sekitar tengah malam di arah selatan dan terbenam setelah terbit matahari di arah barat-barat daya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini