Pendiri Antivirus McAfee Ditemukan Tewas Gantung Diri di Penjara Barcelona

Antara, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 57 2430166 pendiri-ativirus-mcafee-ditemukan-tewas-gantung-diri-di-penjara-barcelona-ZZzR9voYNP.jpg Pendiri antivirus McAfee John McAfee meninggal dunia di Penjara (foto: Reuters)

JAKARTA - Pendiri perusahaan keamanan siber John McAfee meninggal dunia bunuh diri di penjara di Barcelona, Spanyol. Pengacara McAfee, Javier Villalba mengatakan kliennya meninggal gantung diri karena tertekan menjalani hukuman penjara sembilan bulan, dikutip dari Reuters, Kamis.

Departemen kehakiman lokal membenarkan McAfee meninggal di selnya pada Rabu (23/6). Kasus ini masih diselidiki.

McAfee, yang perusahaannya terkenal dengan produk antivirus komputer, semula akan diekstradisi dari Spanyol ke Amerika Serikat karena masalah penghindaran pajak.

Baca Juga:  Work From Home di Tengah Pandemi Picu Risiko Keamanan Siber

Saat sidang bulan lalu, laki-laki berusia 75 tahun ini mengatakan dia akan menjalani sisa hidupnya di penjara jika dihukum di Amerika Serikat. "Saya berharap pengadilan Spanyol akan melihat ketidakadilan ini," kata dia.

McAfee hidup dalam pelarian dari otoritas AS karena didakwa penghindaran pajak di negara bagian Tennesee dan penipuan mata uang kripto di New York.

Baca Juga:  Kominfo Tindak Tegas Semua Konten Radikalisme

Dia ditangkap di bandara di Barcelona pada 3 Oktober lalu ketika akan terbang ke Istanbul, Turki, menggunakan paspor Inggris.

Pengadilan Spanyol beberapa hari lalu sepakat mengekstradisi McAfee ke AS. Villalba mengatakan McAfee masih punya kesempatan mengajukan banding, tapi, dia sudah tidak sanggup berada di penjara.

"Ini adalah hasil sistem jahat yang tidak punya alasan menahan laki-laki ini begitu lama di penjara," kata Villalba.

Menurut sang pengacara, jaksa penuntut AS mungkin akan meminta hakim untuk membatalkan kasus ini karena McAfee meninggal.

McAfee pada 2019 lalu mengatakan tidak membayar pajak pendapatan di AS selama delapan tahun karena alasan ideologi. Pada tahun itu juga dia tinggal di yacht besar untuk menghindari persidangan.

Dia pernah menawarkan bantuan pada Kuba untuk menghindari embargo perdagangan AS menggunakan mata uang kripto dan berniat mencalonkan diri sebagai presiden AS dari Partai Libertarian.

McAfee juga pernah membuat pengakuan memiliki sekurang-kurangnya 47 anak pada 2018 lalu. Dia pernah hidup di Belize selama beberapa tahun karena dicari polisi atas kasus pembunuhan tetangganya pada 2012, meski pun dia bukan tersangka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini