Alasan Bulan Purnama di Bulan Juni Disebut Bulan Purnama Stroberi

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 16 2430767 alasan-bulan-purnama-di-bulan-juni-disebut-bulan-purnama-stroberi-efkWq4gVwu.jpg Bulan purnama stroberi (Foto: Mashable)

TADI malam, Jumat (25/6/2021) dini hari, Bumi disambangi oleh fenomena alam berupa Bulan Purnama, yang akan menjadi purnama terakhir di tahun 2021.

Uniknya, purnama kali ini dinamai dengan Bulan Purnama Stroberi atau Strawberry Full Moon. Julukan ini disematkan oleh suku asli Amerika yang dipopulerkan dalam Farmers Almanac.

Menurut legenda, setiap suku memberi nama Bulan Purnama yang berbeda-beda setelah perubahan musiman pada lanskap dan satwa liar.

 bulan purnama stroberi

Bulan Purnama Stroberi di bulan Juni ini diambil sebagai pertanda bahwa setiap Bulan Purnama ini terjadi, para pengumpul stroberi liar asli Amerika bisa memetiknya karena akan segera matang.

Sementara itu, dilansir dari Express, wilayah di mana stroberi tidak berbuah, Bulan Purnama ini juga dikenal sebagai Rose Moon dan Hot Moon.

Bulan Purnama kerap mendapat julukan yang berbeda-beda. Pada Bulan Purnama di setiap bulan Januari disebut Wolf Moon, bulan Februari disebut Snow Moon, bulan Maret disebut Worm Moon.

Kemudian di bulan April disebut Pink Moon, bulan Mei disebut Flower Moon, bulan Juli disebut Buck Moon, bulan Agustus disebut Sturgeon Moon, bulan September disebut Harvest Moon, bulan Oktober disebut Hunter's Moon, bulan November disebut Beaver Moon, dan bulan Desember disebut Cold Moon.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini