China Berambisi Kirim Misi Berawak ke Mars pada 2033

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Minggu 27 Juni 2021 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 27 16 2431524 china-berambisi-kirim-misi-berawak-ke-mars-pada-2033-EETCRdPvmi.jpg Ilustrasi Planet Mars. (Foto: Freepik)

CHINA berencana mengirim misi awak pertamanya ke Planet Mars pada 2033 mendatang. Kemudian akan dilanjutkan dengan penerbangan reguler.

Ini berada di bawah rencana jangka panjang untuk membangun pangkalan yang dihuni secara permanen di Planet Merah -sebutan Mars- dan mengekstraksi sumber dayanya.

Baca juga: Robot Zhurong Mulai Lakukan Penjelajahan di Planet Mars 

Rencana ambisius ini akan mengintensifkan persaingan dengan Amerika Serikat untuk menempatkan manusia di Mars pertama kali.

China mengungkap secara rinci rencana ini untuk pertama kalinya setelah mereka berhasil mendaratkan robot penjelajah di Mars pada pertengahan Mei lalu dalam misi perdananya ke planet tersebut.

Planet Mars. (Foto: NASA/JPL-Caltech/Science Alert)

"Peluncuran kru ke Mars direncanakan pada tahun 2033, 2035, 2037, 2041, dan seterusnya," kata kepala pembuat roket utama China, Wang Xiaojun, seperti dikutip dari laman Aljazeera, Minggu (27/6/2021).

Sebelum misi awak dimulai, China akan mengirim robot ke Mars untuk mempelajari kemungkinan lokasi pangkalan dan membangun sistem untuk mengekstrak sumber daya di sana.

Baca juga: Target Terbang SpaceX ke Mars pada Juli 2021 Sulit Tercapai, Ini Penyebabnya 

Untuk tempat tinggal manusia di Mars, awak harus dapat menggunakan sumber daya planet, seperti mengekstraksi air di bawah permukaannya, menghasilkan oksigen di tempat, dan menghasilkan listrik.

China juga harus mengembangkan teknologi untuk menerbangkan astronot kembali ke Bumi. Misi pulang-pergi tanpa awak untuk memperoleh sampel tanah dari planet ini diharapkan pada akhir tahun 2030.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini