China Siap Kirim Manusia ke Mars, Apa Saja Persiapannya?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 16 2432477 china-siap-kirim-manusia-ke-mars-apa-saja-persiapannya-UEWMCz4BDb.jpg Mars (Foto: Space)

CHINA berambisi mengirim misi manusia pertamanya ke Planet Mars pada 2033. Tak hanya itu, penerbangan lanjutan reguler akan dilakukan setelahnya.

Misi ini menjadi bagian rencana jangka panjang membangun pangkalan yang dihuni secara permanen di Planet Merah dan mengekstraksi sumber dayanya.

 Mars

Rencana ambisius itu akan mengintensifkan perlombaan dengan Amerika Serikat (AS) untuk menempatkan manusia di Mars.

Misi ini diungkapkan secara rinci untuk pertama kalinya setelah China mendaratkan robot penjelajah di Mars pada pertengahan Mei dalam misi perdananya ke planet tersebut.

“Peluncuran manusia ke Mars direncanakan pada 2033, 2035, 2037, 2041 dan seterusnya,” papar kepala pembuat roket utama China, Wang Xiaojun, dalam konferensi eksplorasi ruang angkasa di Rusia baru-baru ini melalui tautan video.

“Sebelum misi awak manusia dimulai, China akan mengirim robot ke Mars untuk mempelajari kemungkinan lokasi pangkalan dan membangun sistem untuk mengekstrak sumber daya di sana,” ungkap laporan resmi China Space News pada Rabu, mengutip Wang, kepala Akademi Teknologi Kendaraan Peluncuran China.

Untuk tempat tinggal manusia di Mars, kru harus dapat menggunakan sumber daya planet ini, seperti mengekstraksi air di bawah permukaannya, menghasilkan oksigen, dan menghasilkan listrik di sana.

China juga harus mengembangkan teknologi untuk menerbangkan astronot kembali ke Bumi.

Misi pulang-pergi tanpa awak untuk memperoleh sampel tanah dari planet ini diharapkan pada akhir 2030.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini