Begini Penampakan Perjalanan Rover Zhurong di Mars

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 16 2432584 begini-penampakan-perjalanan-rover-zhurong-di-mars-E4RzUwr4AM.jpg Pelepasan Zhurong di Mars (Foto: The Independent)

BADAN antariksa Nasional China (CNSA) telah merilis video penjelajah Zhurong yang bergerak melintasi permukaan Planet Mars. Video tersebut diperoleh dengan kamera nirkabel yang ditempatkan robot di tanah.

Video pertama menunjukan proses pendaratan rover Zhurong yang terjadi pada 14 Mei 2021.

Dalam video itu terlihat sistem parasut yang digunakan kapsul entry untuk mendaratkan Zhurong mengembang di atmosfer Mars.

Di video pasca-pendaratan pertama, rover terlihat mundur setelah meletakkan kamera di tanah. Sementera, dua video lainnya dari tanah menunjukkan roda rover bergerak saat tetap diam di platform pendaratan, dan kemudian turun ke permukaan Mars dari platform.

 permukaan mars dari Zhurong

CNSA juga membagikan video yang memperlihatkan Zhurong keluar dari platform pendaratnya dan bergerak menuju permukaan Mars.

Menariknya, dalam video ini juga bisa mendengar suara mesin dan roda rover Zhurong saat bergerak. Namun, suara tersebut tampak teredam karena atmosfer Mars yang lebih lemah dibandingkan dengan di Bumi, demikian dikutip dari The Independent, Selasa (29/6/2021).

Menurut CNSA, video-video ini diambil menggunakan kamera nirkabel yang ditempatkan di tanah, dan diteruskan ke Bumi melalui satelit Tianwen-1 yang mengorbit Mars.

Badan antariksa mencatat dalam sebuah pernyataan bahwa pengorbit dan penjelajah, yang telah menempuh jarak 236m di Planet Merah pada 27 Juni, dalam kondisi kerja yang baik.

“Dengan file yang kami rilis kali ini, termasuk suara-suara yang direkam saat rover Mars kami meninggalkan pendarat, sehingga kami dapat melakukan analisis mendalam terhadap lingkungan dan kondisi Mars, misalnya kepadatan atmosfer di Mars, Liu Jizhong, wakil komandan program eksplorasi Mars China.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini