Kru Manekin NASA Siap Meluncur ke Bulan

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 56 2433798 kru-manekin-nasa-siap-meluncur-ke-bulan-2UZIv4RE8h.jpg Kru manekin NASA (Foto: Mashable)

NASA sedang mempersiapkan tiga boneka manekin untuk diuji coba dalam misi Artemis 1. Ini merupakan persiapan, sebelum manusia kembali ke Bulan dalam waktu dekat.

Boneka tersebut terdiri dari satu manekin laki-laki dan dua manekin perempuan. Tubuh manekin ini dibuat dengan bahan yang mensimulasikan hal-hal yang menyerupai manusia, seperti kulit, tulang, dan organ.

 bulan

Mengutip laman Mashable, Kamis (1/7/2021), lewat manekin ini akan memberi para ilmuwan data penting dan inklusif tentang radiasi untuk astronot Artemis masa depan pada tahun 2023 dan seterusnya.

NASA memberikan nama untuk boneka tersebut yakni Commander Moonikin Campos. Nama itu dipilih melalui jajak pendapat publik yang menerima lebih dari 300.000 suara.

Nama belakang Campos diambil untuk menghormati Arturo Campos yang membantu mengarahkan astronot Apollo 13 dengan selamat kembali ke Bumi setelah tangki oksigen gagal di pesawat ruang angkasa mereka.

Commander Moonikin Campos akan mengenakan setelan lengkap Orion Crew Survival System, sama seperti yang akan dikenakan astronot dalam fase misi Artemis di masa depan.

Campos juga mengenakan beberapa sensor untuk mendeteksi jumlah radiasi yang dapat ditemui astronot di dalam pesawat ruang angkasa Orion.

Program Artemis NASA telah menggembar-gemborkan bahwa mereka akan mengirim wanita dan orang kulit berwarna pertama ke bulan di misi yang akan datang.

Dengan menggunakan manekin perempuan dalam misi Artemis 1, menjadi kunci untuk menciptakan desain inklusif dan mengumpulkan data bagi para ilmuwan dan astronot ke depan, dan menunjukkan bahwa janji NASA benar adanya.

Artemis 1 yang diharapkan akan diluncurkan pada 2021 dan akan menjadi perjalanan tiga minggu mengelilingi bulan.

Sementara Artemis 2, misi awak pertama NASA ke bulan sejak tahun 70-an, diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2023 dan juga akan mengelilingi bulan sebelum kembali ke Bumi. Kru untuk Artemis 2 sampai saat ini belum ditentukan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini