Gampang Banget! Begini Cara Lihat dan Unduh Sertifikat Vaksin Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 57 2433994 gampang-banget-begini-cara-lihat-dan-unduh-sertifikat-vaksin-covid-19-tW7MWJzkFu.jpg Divaksin Covid-19 (Foto: Johns hopkins medicine)

SERTIFIKAT Vaksin Covid-19 akan diterima bagi siapapun yang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama maupun kedua. Ini sebagai bukti bahwa Anda secara resmi mendapatkan vaksin dalam program pemerintah.

Sertifikat Vaksin Covid-19 sangat diwanti-wanti oleh pemerintah untuk tidak disebarkan di media sosial karena sifat kerahasiaannya. Selain itu, dengan tidak mengunggahnya di media sosial, itu juga cara Anda meminimalisir dari tindakan kejahatan maupun penipuan.

Baca Juga: Jerman Perkenalkan Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Digital 'CovPass'

 sertifikat vaksin Covid-19

Kenapa bisa begitu? Karena di Sertifikat Vaksin Covid-19, tertera nama lengkap Anda, nomor induk kependudukan, serta ID Sertifikat yang sepatutnya tidak diketahui orang lain.

Nah, menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara melihat dan mengunduh Sertifikat Vaksin Covid-19?

Berdasar pengalaman penulis yang sudah mendapatkan vaksin, caranya sangat mudah sekali.

1. Jadi, setelah data Anda terekam di lokasi vaksinasi dan dipastikan vaksin sudah diberikan, nomor ponsel yang disertakan akan menerima pesan dari 1199.

2. Pesan itu berisi dua informasi, pertama mengenai data Anda sudah masuk ke daftar vaksinasi pemerintah dan tertera juga lokasi di mana Anda mendapat vaksin. Lalu, pesan kedua adalah mengenai Sertifikat Vaksin Covid-19 yang dapat diunduh secara digital.

3. Ya, di pesan kedua, Anda akan menerima link yang menghubungkan Anda ke Sertifikat Vaksin Covid-19 digital yang terdaftar secara resmi di PeduliLindungi.

4. Untuk mempermudah, pesan tersebut meminta agar Anda mengunduh aplikasi bernama 'PeduliLindungi' yang terdapat di PlayStore maupun AppStore.

Sementara itu, jika Anda mau melihat status vaksinasi Covid-19 melalui website PeduliLindungi, itu pun cukup mudah caranya.

1. Buka website pedulilindungi.id

2. Setelah itu, di muka layar pertama Anda diminta untuk memasukkan nama lengkap dan NIK sesuai dengan KTP yang didaftarkan saat pendaftaran vaksinasi. Kemudian masuk.

3. Jika sudah, data akan memperlihatkan status vaksinasi Anda itu sudah ada di dosis keberapa dan jika baru dosis pertama, maka akan tersaji juga informasi mengenai lokasi vaksinasi dosis kedua.

Nah, kalau mau lihat Sertifikat Vaksin Covid-19, setelah masuk ke akun PeduliLindungi, di pojok kanan tinggal pilih kolom 'Sertifikat Vaksin'.

Jika sudah, klik 'Buka Sertifikat'. Nanti sistem akan menggiring Anda untuk memasukkan NIK. Jika sudah, secara otomatis Anda akan bisa membuka Sertifikat Vaksin Anda.

Untuk mengunduhnya, tinggal klik gambar di keterangan Vaksin Pertama atau Vaksin Kedua. Kalau sudah, secara otomatis sistem akan meminta Anda untuk mengunduhnya. Mudah bukan? (DRM)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini