Richard Branson Kalahkan Jeff Bezos dalam Perlombaan Miliader ke Luar Angkasa

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 56 2434447 richard-branson-kalahkan-jeff-bezos-dalam-perlombaan-miliader-ke-luar-angkasa-GkhhK4nwtz.jpg Virgin galactic (Foto: The Motley)

DUA miliarder, Richard Branson dan Jeff Bezos, tengah bersaing dalam adu balap terbang ke luar angkasa.

Tetapi sepertinya Branson akan menjadi pemenang, karena direncanakan terbang pada 11 Juli 2021 mendatang, menggunakan pesawat ruang angkasa Virgin Galactic.

 Tim Richard Branson

Sedangkan Bezos direncanakan baru terbang pada 20 Juli 2021 mendatang, menggunakan kapsul Blue Origin New Shepads.

Namun, siapapun pemenangnya, pelajaran yang bisa diambil di sini adalah dengan uang yang cukup, Anda benar-benar dapat melakukan apa saja.

Virgin Galactic mengumumkan bahwa uji penerbangan berikutnya dilakukan pada 11 Juli, pukul 6 pagi waktu setempat.

Ini akan menjadi penerbangan pertama yang membawa dua pilot, tiga spesialis, dan satu miliader. Dave Mackay dan Michael Masucci akan menjadi pilot di pesawat ruang angkasa VSS Unity.

Kemudian Kepala instruktur Astronot, Beth Moses, akan mengawasi penerbangan. Insinyur Operasi Utama, Colin Bennett, akan memantau peralatan dan prosedur kabin.

Lalu Wakil Presiden Urusan Pemerintah dan Operasi Penelitian, Sirisha Bandla, akan menangani eksperimen gayaberat mikro Universitas Florida.

Dan terakhir, Sir Richard Branson akan mengevaluasi pengalaman pribadinya menjadi astronot.

“Saya benar-benar percaya bahwa luar angkasa adalah milik kita semua,” kata Branson, dikutip dari Techcrunch, Jumat (2/7/2021).

"Setelah lebih dari 16 tahun penelitian, rekayasa, dan pengujian, Virgin Galactic berdiri di garda depan industri ruang angkasa komersial baru, yang akan membuka ruang bagi umat manusia dan mengubah dunia untuk selamanya," tambahnya.

Misi tersebut, seperti misi lainnya dalam gaya Virgin Galactic, melibatkan penerbangan dengan cara tradisional ke tempat yang biasanya dinilai sangat tinggi.

Setelah itu, VSS Unity yang bertenaga roket akan terlepas dari pesawat dan memperbesar hingga di atas 80 kilometer, umumnya dianggap sebagai batas ruang.

Branson akan menjalani semua pelatihan yang sama dilalui oleh turis luar angkasa Virgin Galactic di masa depan, dan tentu saja akan mengenakan setelan biru khusus yang sama.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, Branson akan mengalahkan Bezos sepekan lebih sedikit, dan mungkin memenangkan pertarungan jangka panjang.

Bezos akan terbang dengan New Shepard Blue Origin, ditemani oleh saudaranya dan pemegang tiket yang beruntung.

Orang tersebut tak beruntung, tetapi juga kaya, karena tiket itu dibelinya secara lelang dengan harga Rp28 juta atau sekitar Rp407 miliar.

Namun perusahaan juga telah mengumumkan bahwa penumpang keempat pada penerbangan awak pertama, yakni Wally Funk.

Funk adalah lulusan pertama program Mercury 13 NASA yang melatih astronot wanita pada tahun 1961, tetapi misi itu dibatalkan dan Funk tidak pernah pergi ke luar angkasa.

Setelah 50 tahun menunggu, sepertinya dia akhirnya akan mendapatkan kesempatannya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini